Nusa Ceningan

Nusa Ceningan – Petualangan Di Pulau Bali

Nusa Ceningan – Ada yang tahu dimana Nusa Ceningan Berada? Di Bali? Benarkah. Yaps, anda benar. Tapi Bali bagian mananya?

Tentunya anda pasti bertanya-tanya, dimana lokasi Nusa Ceningan berada. Nusa Ceningan merupakan sebuah pulau kecil yang diapit oleh dua pulau lainnya yakni Nusa Lembongan dan Nusa Penida. Ketiga pulau tersebut berderet dari yang paling dekat dengan Pulau besar bali yakni Nusa Lembongan – Nusa Ceningan dan Nusa Penida.
Diantara Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan kedua pulau tersebut. Namun untuk Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan tidak ada jalan setapak alias anda harus menyewa sebuah kapal boat.

Review Nusa Ceningan

Jembatan nusa lembongan dan ceningan
Nusa Ceningan merupakan pulau yang paling kecil diantara pulau lainnya yang ada di sekitarnya namun objek wisata di pulau ini tidak kalah dengan yang ada di pulau lainnya.
Pada hasil pengecekan dari LSM pada tahun 2000, dapat dihitung bahwa luas pulau ceningan adalah 300,6 Hektar. Lebih luas 15 hektar dari Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar. Pulau ini terdiri dari 2 buah dusun (sekarang telah menjadi banjar dinas) yakni Dusun Ceningan Kawan dan Dusun Ceningan Kangin dengan jumlah penduduk sebanyak 1523 Jiwa yang masuk dalam 300 Kepala Keluarga.
Dari 2 buah dusun tersebut dibagi lagi menjadi 6 buah Banjar Adat yakni Banjar Adat Parangan Tengah, Abentiying, Ceningan Tengah , Anggrek, Batumelawang dan Gili Mekar Nadi. Nusa Ceningan merupakan bagian dari Kabupaten Kelungkung, Kecamatan Nusa Penida, desa Lembongan. Sebagian besar penduduk di pulau ini bermata pencaharian Petani Rumput Laut.

Berpetualang Ke Pulau Nusa Ceningan

Untuk dapat ke Nusa Ceningan anda harus melawati selat bali dengan jarak sekitar 15 Kilometer dari sanur. Untuk itu anda harus menyewa sebuah kapal boat yang akan mengantar anda menyebrang menuju ke Nusa Ceningan dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Karena banyak yang bertanya kalau bawa kendaraan apa kendaraanya ikut nangkring ke kapal atau tidak, untuk itu saya jelaskan aja disini.
Oke, untuk anda yang membawa kendaraan untuk berwisata keliling bali dan anda akan berwisata ke Nusa Ceningan anda harus memarkir kendaraan di Sanur. Jangan takut kendaraannya hilang, anda cari saja tukang parkir dan negosiasikan bahwa anda akan menuju Nusa Ceningan untuk beberapa waktu dan kemudian Tukang Parkir akan menyanggupi dan atau mencarikan tempat parkir yang sekiranya ramai orangnya.
Next lanjut ke perjalanan kita yang akan menaiki kapal boat, Saya sarankan untuk anda menghubungi pemilik kapal boat setidaknya sehari sebelum keberangkatan anda. Alasannya agar anda tidak menunggu lagi kapal yang akan menyebrang ke Nusa Lembongan apa lagi pas hari-hari libur tentunya akan banyak wisatawan yang berkunjung ke Trio Nusa ini. Kalau anda kelupaanmenghubungi pemilik jasa kapal, palingan anda akan menunggu kapal kosong setidaknya kurang dari 1 jam.
Perlu anda ketahui bahwa Nusa Ceningan terhubung dengan Nusa Lembongan melalui sebuah jembatan yang hanya dapat dilalui oleh pejalan kaki dan pengendara sepeda motor. Jadi jangan tanya lagi apakah mobil dapat melalui jembatan tersebut ya.

Nusa Lembongan

nusa ceningan
Karena Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan terhubungkan oleh sebuah jembatan, saya sarankan untuk berwisata terlebih dahulu ke Nusa Lembongan. Berwisata di pulau ini tidak akan memakan waktu banyak, satu hari saja cukup asalkan anda datang pada pagi hari. Jadi saran saya, anda datang pagi hari ke Nusa Lembongan lalu anda berkeliling berwisata disana lalu disore hari anda dapat menginap di Nusa Ceningan. Berikut saya telah merangkum artikel khusus tentang Nusa Lembongan di bawah ini :

Baca Juga : Wisata Asik Di Nusa Lembongan

Ada yang tahu anda akan mengendarai apa ketika berkeliling Nusa Lembongan? Jadi ketika anda telah sampai di Nusa Lembongan tepatnya di Desa Jungut Batu anda dapat menyewa sepeda motor yang akan anda gunakan untuk berkeliling Nusa Lembongan.

Menginap Di Nusa Ceningan

Hotel Le Pirate Beach Club Nusa Ceningan
Anda berwisata ke Nusa Lembongan, sangat tak lengkap rasanya jika anda tidak menginap di Nusa Ceningan. Hmm… Hotel yang paling populer disana adalah HotelLe Pirate Beach Club Nusa Ceningan yang dapat anda booking online lewat situs Agoda DISINI.
Fasilitas hotel ini sangatlah lengkap mulai dari WiFi Gratis, Kolam Renang, Bar, Restoran, Paket Tour, Pertokoan dan masih banyak lagi fasilitas lainnya. Bagi anda yang ingin mencari ketenangan jiwa dan raga sangat cocok untuk bermalam di Hotel ini karena hotel ini langsung berhadapan ke arah laut. Yang paling mengesankan bagi saya adalah kolam renangnya yang menakjubkan, Kita dapat berenang sambil melihat pemandangan laut yang luas di hadapan kita.
Pagi-pagi sekitar pukul 07.00 Wita anda akan dapat melihat bule-bule yang lagi asik main selancar di pantai. Bagi anda yang suka selancar bisa ikut gabung juga disana.

Tips Berwisata Ke Nusa Ceningan

Tak lupa juga saya memberikan Tips bagi anda-anda yang ingin berwisata dan menikmati petualangan di Pulau Nusa Lembongan Dan Nusa Ceningan.
  1. Pesan Dulu apa yang seharusnya anda pesan minimal sehari sebelum berpetualang seperti pesan public boat atau fast boat. Harganya berkisar antara 60.000-150.000 rupiah. Pesan Hotel Juga ya.
  2. Bawa Uang Cash, kalau sekarang sih udah banyak hotel dan restoran-restoran yang menerima credit card. Tapi ya untuk berjaga-jaga ketika anda berpetualang dan berbelanja di warung-warung warga jadi ya harus pakai uang cash lah.
  3. Gunakan jasa sewa sepeda motor, jadi penting nih untuk anda berpetualang nantinya. Tapi jika anda suka jalan kaki dan berhemat ya bisa anda hilangkan dari daftar belanjaan anda 😀
  4. Jangan takut tanya sana-sini, tahukah anda kalau penduduk di Nusa Lembongan, Nusa Ceningan dan Nusa Penida merupakan orang-orang yang sangat ramah. Jadi jika anda tersesat atau ingin menanyakan tempat-tempat wisata disana jangan ragu untuk bertanya ke penduduk lokal disana.

Estimasi Anggaran Biaya

  1. Nyebrang Ke Nusa Lembongan : Rp.75.000/one way
  2. Sewa Sepeda Motor : Rp. 75.000/hari
  3. Sewa HotelLe Pirate Beach Club Nusa Ceningan CEK DISINI Sesuai Kamar Kira-Kira Rp.450.000/malam
  4. Makan Dan Lain-lain : Rp.300.000
Saya hanya mengestimasi anggaran saja, jadi ini bukanlah patokan untuk anda membawa uang pas ke Nusa Ceningan. Harga Juga akan dapat berubah sewaktu-waktu karena harga dapat disesuaikan dari perbedaan sang pemberi jasa dan kondisi.

Peta Nusa Ceningan