paras cantik pantai kuta lombok

Backpacker Ke Pantai Kuta Lombok – Pantai Merica

Mendengar kata Pantai Kuta, hal yang paling pertama terlintas dipikiran kita adalah Bali. Ya memang benar pantai kuta ada di Bali, namun tahukah anda ternyata pantai Kuta juga ada di Lombok. Persamaan pantai kuta di Bali dengan Pantai Kuta Di Lombok adalah sama-sama memiliki pasir putih yang indah. Namun bedanya, di Pantai Kuta Lombok butiran pasirnya sangat kecil, bahkan dikatakan lebih kecil dari butiran merica, maka dari itu Pantai Kuta Lombok sering disebut juga dengan Pantai Merica.

Berwisata ke Pantai Kuta di Lombok ini sangat disarankan bagi anda yang menginginkan tempat wisata yang alami nan indah namun tidak terlalu riuh oleh para wisatawannya. Meskipun sekarang pantai kuta di lombok ini sudah semakin banyak pengunjung, namun belum sebanyak seperti yang ada di Pantai Kuta di Bali.

Keindahan Pantai Kuta Lombok

pantai kuta lombok tengah
Sumber : eloratour.wordpress.com

Lombok memiliki sejuta keindahan alam yang luar biasa, baik itu pantai hingga pegunungan. Untuk objek wisata daratnya, anda bisa mencoba untuk mendaki ke Gunung Rinjani. Dan untuk pantainya, sudah tidak diragukan lagi keindahan-keindahannya baik di pantai maupun di dalam lautnya.

Kali ini, saya akan menjelaskan Keindahan Pantai Kuta Lombok yang memiliki pasir putih yang halus sampai-sampai juga disebut dengan pantai Merica karena butiran halus pantai ini disamakan dengan merica.

Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup luas sepanjang 7.200 meter, lebih luas dari garis pantai sanur, Bali yang hanya memiliki panjang sekitar 3000 meter saja. Hal ini membuat pantai ini menjadi sangat indah karena hamparan pasir putih yang luas yang menggambarkan kealamian.

Selain pemandangan pantai dan lautan yang luas, anda juga dapat melihat gundukan-gundukan bukit yang hijau dikala musim penghujan. Pemandangan berbeda dapat anda lihat dari salah satu bukit yang cukup terkenal yakni bukit mandalika. Akan terlihat sangat jelas keindahan pantai kuta lombok dilihat dari sana.

Objek Wisata Pantai Kuta Lombok

Pantai kuta lombok terkenal dengan ombaknya yang cukup menantang, namun pada bulan-bulan tertentu saja. Itu terjadi karena hamparan laut kuta lombok langsung mengarah ke samudra hindia, sama halnya dengan pantai pandawa yang ada di Bali. Namun meskipun begitu, objek wisata pantai kuta lombok yang paling diminati adalah objek wisata bawah lautnya.

Banyak sekali terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang akan menyambut anda jika anda menyelam ke dalam laut pantai kuta ini. Selain itu, yang menjadi daya tarik adalah pasir putihnya yang mempesona. Akan terasa berbeda sekali ketika anda menginjakkan kaki di pantai ini, karena memang butiran-butiran pasirnya yang halus yang akan memanjakan kaki anda dikala berjalan.

Pantai kuta lombok seperti diapit oleh 2 buah bukit karena memang pantai ini sedikit menjorok ke tengah, sehingga pemandangan bukit dapat kita lihat dari pesisir pantai. Untuk melihat secara keseluruhan objek wisata pantai kuta lombok, anda dapat melihatnya dari salah satu bukit yang ada di sebelah barat pantai ini. Akan terlihat sangat jelas keeksotikan pantai ini dari atas bukit.

Aktifitas Di Pantai Kuta Lombok

paras cantik pantai kuta lombok
Seorang wanita sedang berjalan di pasir putih pantai kuta lombokSumber : beautifulindonesia.com

Ingin pergi ke suatu tempat, tapi belum tahu mau melakukan apa di tempat tersebut seperti tidak ada tujuan sama sekali? nah kali ini saya akan menjelaskan aktifitas-aktifitas yang mungkin dapat anda lakukan di Pantai Kuta Lombok Tengah ini.

Snorkeling

Snorkeling menjadi aktifitas yang paling menarik di pantai ini. Dengan bersnorkeling anda dapat melihat bagaimana terumbu karang hidup berbarengan dengan ikan-ikan cantik disana. Pemandangan bawah laut disana juga tak kalah dengan pemandangan di darat. Namun bagi anda yang tidak membawa peralatan Snorkeling atau menyelam, anda bisa menyewa peralatan tersebut di tempat penyewaan selam terdekat. Tips dari saya jika anda orang indonesia, sebaiknya anda menawar harga sewanya sekitar 30% dari harga normal yang ditawarkan.

Surfing / Berselancar

Di pantai kuta di lombok ini, anda juga bisa melakukan kegiatan berselancar atau yang lebih keren disebut Surfing. Namun perlu diingat, seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa ombak di pantai kuta ini akan besar dikala bulan-bulan tertentu saja. Jadi untuk anda yang memang ingin Surfing di pantai ini, ada baiknya anda datang di Bulan Juli sampai Agustus. Nah pada saat itu baru sensasi Surfing anda akan lebih terasa.

Menikmati Sunset Yang Menawan

Di pantai ini, anda juga dapat melihat Sunset yang menawan. Di jam-jam menjelang matahari terbenam, langit akan berubah menjadi warna orange keemasan yang akan sangat indah dipadukan dengan warna pasir putih yang menawan. Jika anda telah selesai menikmati Sunset, kami sarankan untuk langsung menginap ke hotel-hotel terdekat dari pantai ini dan jangan langsung beranjak pulang demi keamanan dan kenyamanan anda dan keluarga.

Sekadar Bersantai, Berenang dan Menikmati Pasir Pantai

Anda juga dapat bersantai di pantai ini. Akan terasa sangat nyaman jika berada di pasir ini melihat-lihat sekeliling sambil menghilangkan rasa penat di keidupan ini. Bagi anda yang bisa berenang, anda juga bisa berenang dan bermain air di pinggiran pantai, Menikmati halusnya pasir merica dan atau menikmati keindaan alam yang luar biasa.

Tips dari saya, jangan lupa gunakan tabir surya dan kacamata hitam untuk menghalau matahari langsung mengenai kulit. Karena memang cahaya matahari disini cukup terik apalagi pada musim kemarau.

Fasilitas Pantai Kuta Lombok

Sunset Pantai Kuta Lombok
Sunset di Pantai A’an Sebelah Pantai Kuta Lombok. Sumber: lombok.panduanwisata.id

Berbicara tentang fasilitas, di pantai kuta ini sudah tidak diragukan lagi fasilitasnya. Sudah ada banyak sekali restoran-restoran dan hotel yang dibangun di kawasan pantai kuta ini.

Restoran Pantai Kuta Lombok

Meskipun tidak sebanyak restoran di Pantai Senggigi, namun restoran di pantai ini sudah cukup untuk memuaskan rasa lapar anda dikala anda lelah berkeliling di Pantai Kuta Di Lombok ini. Ada banyak restoran yang mulai menjamur di kawan ini, utamanya di jalan Pariwisata Pantai Kuta dan disekitaran Jalan Mawun.

Jadi anda tidak perlu takut jika suatu saat anda kelaparan dan ingin makan di restoran, karena diasana sudah dibangun restoran-restoran dari yang sederhana hingga yang mewan.

Hotel Pantai Kuta Lombok

Hotel di sekitaran pantai ini sudah sangat banyak dibangun, namun saking banyaknya anda akan bingun memilih hotel yang terdekat namun memiliki reputasi yang baik dimata konsumen. Disini kami merekomendasikan 3 buah hotel yang paling banyak memiliki reputasi terbaik dari para konsumennya. Jadi anda tidak perlu was-was untuk menginap di salah satu hotel tersebut.

Blue Monkey Villas

Hotel Dekat Pantai Kuta LombokHotel ini adalah hotel yang paling dekat dengan Objek wisata Pantai Kuta Lombok, berjarak sekitar 2.5 Kilometer saja dari pantai tersebut. Hotel ini berlokasi di Jalan Pariwisata Pantai Aregoling, Kuta, Lombok. Hotel berbintang 3 ini juga yang paling diminati oleh para wisatawan, karena lokasinya sangat strategis dan dapat menyaksikan secara langsung hamparan pantai-pantai di Lombok Tengah. Fasilitas yang diberikan juga sangat lengkap mulai dari antar jemput bandara, kolam renang (luar dalam), paket snorkeling dan masih banyak lagi.

Bagi anda yang ingin menginap di hotel ini, langsung saja cek ketersediaan kamar dan booking secara online jauh-jauh hari sebelum anda berlibur untuk menghindari hotel ini penuh sebelum anda ke lombok. Anda bisa membooking secara online melalui situs Agoda.com di SINI . . .

Family House Lombok

Hotel Dekat Pantai Kuta LombokBerjarak sekitar 4.5 Kilometer dari Pantai Kuta, Hotel ini menjadi pilihan terbaik untuk para wisatawan yang berwisata ke Lombok karena lokasinya yang strategis dan dekat dengan objek-objek wisata di Lombok. Hotel ini berlokasi di Jl. Raya Kuta, Kuta, Lombok. Banyak pelanggan merasa puas atas kenyamanan dan fasilitas yang diberikan oleh hotel ini. Hotel bintang 3 ini juga sangat bersih dan para stafnya sangat ramah terhadap para tamu yang datang.

Bagi anda yang berminap menginap di Hotel ini, silahkan langsung cek ketersediakan kamar dan booking jauh-jauh hari sebelum anda berlibur ke Lombok. Anda bisa langsung memboking secara online di situs Agoda.com di SINI . . .

Hammerhead Hotel

Hotel Dekat Pantai Kuta LombokJuga berjarak sekitar 4,6 Kilometer dari Pantai Kuta Lombok, hotel berbintang 3 ini sangat sering memberikan harga diskon bagi para pengunjung pertamanya. Berlokasi di Jl.Pariwisata Pantai Kuta, Kuta, Lombok hotel ini termasuk hotel yang paling diminati di lombok karena lokasinya yang strategis dan dekat dengan objek-objek wisata di lombok. Fasilitas yang diberikan juga cukup lengkap mulai dari setara dengan hotel bintang 3 lainnya. Dan baru-baru ini Hammerhead Hotel menawarkan harga yang cukup fantastis untuk anda sekeluarga.

Bagi anda yang ingin menginap di Hotel ini, silahkan langsung saja cek ketersediaan kamar dan booking jauh-jauh hari. Anda bisa booking online lewat agoda.com di SINI . . .

Akses Menuju Pantai Kuta Lombok

Pemandangan Pantai Kuta Lombok Dari Bukit
View Pantai Kuta Lombok Dari Bukit sumber: initempatwisata

Menuju pantai kuta lombok sangatlah mudah, apalagi sekarang sudah ada yang namanya google maps+GPS. Anda bisa langsung melihat lokasi Pantai ini di maps yang sudah saya sediakan dibawah. Secara garis besar, pantai ini terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Jika dari pusat kota mataram, jarak pantai kuta lombok dari mataram hanya 73 Kilometer saja dengan waktu tempuh sekitar 90 menit. Disarankan anda untuk membawa alat transportasi pribadi atau bersama-sama dengan grop tour anda karena disana belum ada alat transportasi yang banyak. Sekalipun ada, pastilah ongkosnya cukup mahal dan hanya beroprasi hingga jam 3 sore saja.

Jalur ke Pantai Kuta Lombok melewati sebuah desa tradisional yang disebut desa Sade. Di desa secara dominan ditinggali oleh suku sasak dimana mereka juga membuat kain tenun tradisional. Mampirlah sejenak di desa tersebut untuk melihat-lihat koleksi kain tenun dari masyarakat setempat sebagai oleh-oleh khas lombok untuk sanak saudara.

Pantai Kuta Lombok Map