Pengalaman booking hotel melalui agen online (OTA)

Pengalaman Booking Hotel Melalui Agen Online

Harga tiket pesawat semakin terjangkau bahkan relatif lebih murah, terutama untuk pesawat dengan kelas ekonomi. Tapi, namanya saja pesawat, yang jelas walaupun kelasnya hanya kelas ekonomi jauh lebih menyenangkan dan nyaman digunakan untuk bepergian dibandingkan dengan transportasi lain seperti kapal atau bus.
Menggunakan pesawat akan membantu kita menghemat banyak waktu selama di perjalanan. Misalnya saja, jika hanya memiliki waktu liburan dua atau tiga hari, maka daripada menghabiskan waktu di perjalanan naik bus, akan lebih menyenangkan jika kita menghabiskan banyak waktu di tempat liburan. Menggunakan pesawat adalah solusi cerdas dan tepat.

Selain harga pesawat yang murah, saat melakukan travelling, memesan harga kamar hotel juga tidak kalah pentingnya. Karena jika salah, biaya liburan akan membengkak bukan karena harga tiket pesawat, melainkan karena harga sewa kamar hotel yang mahal. Jadi jika bisa dapat murah kenapa harus membayar mahal? Sebuah prinsip yang hingga saat ini selalu saya pegang.

Pengalaman booking hotel melalui agen online (OTA)

Pengalaman booking hotel melalui agen online (OTA)
Sumber Gambar: lifestyle.liputan6.com

Sebelum-sebelumnya, ketika ingin mencari sebuah hotel dan memesan kamar, hal pertama yang saya lakukan adalah mencari informasi mengenai hotel yang sesuai dengan kriteria yang saya inginkan. Setelah itu, saya memesan kamar atau jika masih memiliki waktu, biasanya saya mencoba hunting beberapa hotel lain yang masuk kriteria dengan membuka websitenya atau mencari di Google.

Metode ini rasanya memakan waktu begitu lama (yang baru-baru ini saya sadari), karena kita tidak langsung bisa menemukan hotel murah dengan kriteria yang pas dan sesuai dengan keinginan, mungkin juga karena masih sebatas itu pengetahuan saya, maka metode tersebut rasanya sudah cukup efektif dan menyenangkan.

Setelah mendapatkan informasi mengenai hotel yang sesuai, kemudian barulah saya mencari nomor telepon yang bisa dihubungi. Nomor telepon tersebut kemudian saya simpan dan saya gunakan untuk menghubungi resepsionis. Menelepon untuk menanyakan harga dan ketersediaan kamar adalah rutinitas yang sering saya lakukan sebelum perangkat.

Satu hal yang saya sadari adalah, ketika melakukan panggilan telepon untuk menanyakan harga dan ketersediaan kamar, ternyata harga yang ditawarkan oleh pihak hotel kadang-kadang berubah. Tidak butuh waktu lama, dalam hitungan jam saja harganya bisa berubah naik atau turun.

Pengalaman dengan Aplikasi Smartphone

Menggunakan smartphone pada awalnya terasa aneh karena sudah terbiasa menggunakan HP yang menggunakan keypad. Tapi setelah beberapa saat menggunakan smartphone dan semakin terbiasa, ternyata cukup menyenangkan. Apalagi kita bisa online setiap saat di manapun dan kapanpun.

Setelah berkenalan cukup lama dengan smartphone, saya menyadari ternyata ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan gadget yang satu ini. Salah satu keuntungannya adalah saya mulai mengenal metode lain untuk memesan hotel yaitu melalui agen online seperti halnya Traveloka, Pegipegi, Booking.com, Tiket.com, Agoda, Wego, Trivago, dan lain sebagainya.

Pertama kali yang saya lakukan adalah mengecek pengalaman orang-orang yang pernah menggunakan aplikasi dan memesan secara online ke agen-agen tersebut melalui Google. Saya awalnya ragu-ragu karena ada beberapa orang yang ternyata komplain mengenai layanan yang diberikan. Sebagian besarnya komplain karena respon yang lambat terutama saat konfirmasi.

Akan tetapi tidak sedikit juga yang berbagi pengalamannya mengenai kemudahan dan betapa nyamannya memesan hotel online melalui agen. So, let’s give it a shot! Itulah yang saya pikirkan, karena sebelum mencoba kita pasti belum tahu hasilnya, bukan?

Pengalaman booking hotel dengan aplikasi agen tiket online (OTA)

Setelah mengunduh beberapa aplikasi, karena saya ingin mencoba membandingkan dan mencari penawaran harga yang paling murah, saya mulai mendaftar sebagai member. Sebagian besar proses pendaftaran ternyata cukup mudah hanya dengan mengisi data mengenai email, akun facebook, atau nomor telepon. Selanjutnya kita hanya perlu konfirmasi registrasi. Setelah melalui langkah itu kita bisa langsung memesan kamar hotel yang kita inginkan.

Sebelum registrasi, sebenarnya kita juga bisa langsung mengecek ketersediaan dan harga kamar hotel di berbagai tempat dengan menggunakan aplikasi tersebut. Cukup menyenangkan dan memudahkan karena bisa langsung membandingkan harga-harga yang ditawarkan.

Ini salah satu contoh mengecek harga kamar hotel dengan aplikasi :

 

Booking hotel secara Online (Sumber Gambar: uleks.top)
Booking hotel secara Online (Sumber Gambar: uleks.top)

Selanjutnya tentu saja melakukan booking untuk kamar hotel yang saya inginkan, sehingga muncul menu untuk pembayaran. Waktu yang tersedia untuk pembayaran saya rasa lumayan longgar karena rata-rata lebih dari 1 jam. Namun yang membuat saya semakin tercengang adalah selain harganya yang rata-rata murah dengan promo yang beragam dibanding dengan cara yang selama ini saya lakukan yaitu direct booking.

Metode pembayaran yang bisa kita pilih juga sangat fleksibel. Mulai dari menggunakan kartu kredit, ATM, bisa transfer langsung, dan bahkan ada yang menawarkan pembayaran melalui minimarket seperti Indomaret. Karena saya hanya menyediakan uang cash, pengalaman pertama ini saya putuskan untuk menggunakan metode pembayaran melalui Indomaret.

Pilihan Metode Pembayaran (Sumber Gambar: uleks.top)
Pilihan Metode Pembayaran (Sumber Gambar: uleks.top)

Setelah memilih metode pembayaran di Indomaret, saya mendapatkan konfirmasi nomor booking melalui SMS dan langsung tertera juga di aplikasi yang digunakan. Setelah itu saya menuju Indomaret untuk melakukan pembayaran. Tidak beberapa lama saya mendapatkan konfirmasi melalui SMS dan aplikasinya. Cukup mudah dan efektif, bukan? Apalagi jika menggunakan internet banking, mungkin lebih menghemat waktu.