Gili Kondo lombok timur

Keindahan Wisata Gili Kondo Lombok Timur Yang Menawan

Gili Kondo Lombok – Jika anda pergi ke lombok, mungkin yang paling ingin anda tuju adalah trio gili yang sangat populer di bagian barat lombok, pantai pesisir senggigi yang menawan. Ada juga pesisir lain yang kini mulai dicari oleh para pelancong yakni tanjung aan, pantai kuta dan yang lainnya yang berada di bagian selatan pulau lombok.

Lalu bagaimana dengan pesisir bagian timur dari lombok? bukankah sama indahnya dengan sisi-sisi lain pulau lombok? ya, tentu saja. Salah satu kawasan wisata di lombok yang masih belum terlalu terjamah oleh para wisatasan adalah Gili Kondo.

Wisata Gili Kondo memang menyimpan begitu banyak pesona yang mampu menarik para pelancong untuk mengunjunginya. Namun, Pulau ini masih terlalu ‘pemalu’ atau bisa juga dibilang ‘masih perawan’ alias belum banyak wisatawan yang berkunjung untuk mengexsplore kawasan ini. Mungkin hanya wisatawan yang memang benar-benar penasaran dengan kawasan lombok bagian timur yang mau mengunjungi kawasan ini.

Kondo merupakan sebutan burung untuk masyarakat lombok. Dulunya, pulau ini merupakan sarang burung (kondo), oleh karenanya pulau ini mulai dikenal dengan Gili Kondo.

Wisata Gili Kondo Lombok

Gili Kondo lombok timur
Pasir Putih Nan Halus di Pantai Gili Kondo. Source:id.lombokindonesia.org

Gili Kondo merupakan sebauh gili (pulau) kecil yang tidak berpenghuni. Namun disana masih ada penginapan yang dikelola untuk wisatawan-wisatawan yang ingin menginap. Pulau Burung ini juga merupakan kawasan konservasi untuk pemelihaaan terumbu karang.

Oleh karena itu, kehidupan bawah laun di sekitaran pulau menjadi daya tarik wisatawan karena memang kawasan terumbu karang di gili ini sangat terjaga dan juga belum terjamah oleh banyak orang alias masih ‘perawan ting ting’ 😀

Keindahan bawah laut di kawasan ini sudah tidak perlu ditanyakan lagi, ada banyak sekali ragam coral yang tumbuh disana diselimuti oleh ikan-ikan yang indah dan berwarna-warni. Selain keindahan bawah laut, keindahan alam gili kondo juga sangat menawan. pasir putih yang begitu halus akan memanjakan kaki anda ketika pertama kali menginjakkan kaki ke pulau ini.

Berada di pulau ini seperti anda memiliki pulau pribadi karena disana hanya ada sebuah warung apilan sebagai tempat bersantai anda. Dan anda bebas melakukan apapun yang kalian mau 😀

Snorkeling di Gili Kondo

Biota Bawah Laut Sekitaran Gili Kondo
Biota Bawah Laut Sekitaran Gili Kondo. source:lombok-trip.com

Untuk melihat keindahan biota bawah laut di gili kondo, alternative yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan melakukan snorkeling. Ada banyak warga lokal yang menyewakan perlengkapan snorkeling, anda tanya saja tukang kapal yang akan membawa anda menyebrang ke Pulau Kondo.

Setelah persiapan snorkeling selesai, langsung saja ‘nyemplung’ untuk melihat-lihat keindahan bawah lautnya. Disini saya akan memberikan tips yang sangat penting untuk anda yang berwisata ke Gili Kondo, selalu siapkan diri dengan kamera under water. Dengan ini, anda bisa berfoto-foto ria dibawah laut bersama terumbu karang dan ikan-ikan yang cantik.

Jenis-jenis coral yang ada juga sangat beragam mulai dari soft coral, Tubesponge Boat, Dendronephthya dan masih banyak lagi. Selain terumbu karang yang cantik, sudah pasti ikan-ikan disana juga sangat cantik-cantik. Mulai dari Angle Fish, Volute, Princ Parrot dan berbagai macam ikan yang indah yang tidak bisa disebutkan satu-satu.

Di salah satu spot snorkeling, anda bisa melihat keindahan Gunung Rinjani yang gagah menjulang ke arah langit.

Cara Menuju Gili Kondo

Papan Selamat Datang di Gili Kondo
Papan Selamat Datang di Gili Kondo. source:siskanurifah.wordpress.com

Gili Kondo terletak di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Gili ini dekat dengan beberapa gili lainnya yakni gili Bidari, Gili Lampu dan Gili Kapal. Nantinya dalam perjalanan menuju ke Gili Kondo, anda bisa mampir sejenak ke gili Lampu dan Gili Kapal.

Pertama-tama untuk menuju ke Gili Kondo anda harus menuju ke Padak Guar. Sebuah pantai yang menjadi titik awal petualangan kita nantinya. Oh iya, untuk menyebrang tentunya kita memerlukan perahu kecil sebagai tumpangan. Nah untuk itu, anda harus memesan kapal sebelum anda tiba di Gili Kando. Istilahnya anda harus membooking salah satu ‘guide’ yang nantinya akan memandu wisata anda menjelajahi pulau-pulau.

Namun karena masyarakat disana kebanyakan sudah tau potensi wisata yang ada, maka akan banyak nantinya anda bertemu dengan orang-orang yang menjajakan jasa wisata ke gili kondo. Tapi untuk jaga-jaga saja, ada baiknya anda melakukan perjanjian lebih awal sebelum sampai disana.

Pemandu wisata yang baik akan menawarkan anda untuk berwisata ke tampat lain sebelum sampai ke Gili Kando. Sekitar 20 menit perjalanan anda akan sampai di Gili Lampu. Sebuah pulau yang didominani oleh hutan bakau yang lebat. Selain itu, pemandu juga pasti tahu spot-spot yang bagus untuk melakukan snorkeling, anda juga bisa menyewa jasa perlengkapan snorkeling langsung ke pemandu.

Gili Kondo Yang menawan
Menuju Gili Kondo. source:id.lombokindonesia.org

Salah satu gili yang paling menawan bagi saya adalah Gili Kapal. Di tengah perjalanan, anda akan melihat hamparan pasir putih yang kira-kira hanya seluas 3 x 3 meter di tengah-tengah laut. Woww, saya sangat tercengan melihat hal tersebut. Itulah Gili Kapal, sebuah pulau yang sangat kecil yang hanya berisi pasir saja. Pulau ini akan semakin luas ketika airnya mulai surut, sedangkan ketika air pasang, sudah pasti pulau ini akan semakin sempit.

Disana anda dapat berdiri diatas pulau tersebut dan menyuruh rekan anda untuk memfoto anda dari perahunya. Anda akan terlihat seperti berdiri di tengah-tengah lautan. Sudah pasti akun instagram anda akan semakin kece dengan foto-foto keren anda. Kalau mau yang lebih keren lagi, anda bisa membawa ‘drone’ berkaera yang bisa anda terbangkan mengelilingi pulau Gili Kapal. Wiiih, pasti hasilnya sangat-sangat keren. 😀

Go . . . lanjut ke Gili Kondo.

Gili Kapal Dekat GIli Kondo
Gili Kapal Dekat Dengan Gili Kondo. source:flickr.com

Gili Kondo Maps

Disini saya juga menyematkan lokasi Gili Kondo, saya harap bisa mempermudah anda untuk sampai ke tempat tujuan.