Keindahan pantai selong belanak - source : tripadvisor.com

Review Lengkap Pantai Selong Belanak Lombok – Tips Berwisata

Pantai Selong Belanak – Lombok memang memiliki sejuta kawasan wisata yang mengaggumkan yang dapat membuat mata kita menjadi terpesona oleh keindahannya. Tak terhitung berapa banyak kawasan wisata baik darat, pantai maupun bawah lautnya yang mempesona dan menjadi daya tarik para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Salah satu pantai yang cukup terkenal adalah pantai Selong Belanak. Sebuah pantai di bagian Lombok timur yang masih exsist hingga sekarang. Mungkin karena keindahan pantai ini membuat para wisatawan menjadi betah berlama-lama di pantai ini.

Pantai Selong Belanak memiliki garis pantai yang melengkung layaknya bulan sabit, dengan beberapa bukit di bagian-bagian ujung dari sabitannya. Pantai ini berhadapan langsung dengan samudra hindia dengan garis pantai yang membentang sepanjang 1 Kilometer. Beberapa kawasan dari pantai ini masih digunakan sebagai tempat beraktivitas para nelayan yang tinggal di sekitaran pantai.

Keindahan Pantai Selong Belanak

Keindahan pantai selong belanak - source : tripadvisor.com
Keindahan pantai selong belanak – source : tripadvisor.com

Pantai Selong Belanak adalah pantai yang sangat cantik yang sangat saya sarankan untuk anda dapat bersantai dan berjalan-jalan sepanjang hari. Jalur masuk ke pantai ini adalah jalur sempit berpasir dengan tempat parkir yang ada di kedua sisi dari jalur tersebut.

Ketika anda tiba di penghujung jalur, anda akan terkesima melihat hamparan pantai yang begitu luas membentuk bulan sabit atau setengah lingkaran dengan ombaknya yang santai dan hamparan laut hijau zambrud yang menghempas dengan interval yang reguler.

Dari pantai, anda dapat melihat pegunungan hijau yang membentang di sekeliling anda. Sekali anda masuk ke pantai, anda akan merasakan betapa lembutnya pasir pantai Selong Belanak. Rasanya seperti menginjak tepung yang halus, perasaan yang tak akan pernah bisa anda lupakan. Pasir pantai ini berwarna putih cerah seperti layaknya pantai-pantai di lombok lainnya. πŸ˜€

Berselancar di Pantai Selong Belanak

Aktifitas berselancar di pantai selong belanak - source : tripadvisor.com
Aktifitas berselancar di pantai selong belanak – source : tripadvisor.com

Pantai ini sangat cocok untuk berselancar. Tapi, ingat pesan saya. Pantai ini hanya cocok untuk peselancar pemula saja dan sangat tidak cocok untuk anda yang sudah mahir. Bukannya tidak cocok, akan tetapi saya bilang seperti itu agar anda tidak kecewa dengan apa yang akan anda lihat nantinya karena memang ombak di Pantai ini hanya sampai ketinggian 30-50 centimeter saja. Namun apa bila anda ingin melakukan surfing yang real saya sarankan untuk pergi ke Tanjung Aan atau ke Pantai Kuta Bali saja.

Bagi anda yang ingin belajar berselancar, pantai ini adalah tempat yang sangat-sangat cocok untuk anda dan saya sangat merekomendasikan tempat ini. Tidak perlu repot-repot untuk membawa papan selancar yang besarnya ‘segede’ kasur πŸ˜€ anda cukup datang langsung ke Pantai Selong Belanak dan disana anda akan menemukan banyak sekali orang berlalu lalang yang menyewakan Papan Selancar. Hanya merogoh kocek sebesar 50Ribu saja atau membeli setidaknya dengan harga 350 Ribu anda bisa mendapatkan papan selancar untuk dapat anda gunakan latihan.

Bahkan jika anda ingin, anda juga bisa menyewa jasa instruktur selancar untuk anda yang ingin belajar berselancar dari ahlinya. Mungkin harganya tidak terlalu mahal, sekitar 100K saja.

Wisata Kuliner di Pantai Selong Belanak

View Pantai Selong Belanak Turis Asing Yang Berjalan-jalan di Pinggir Pantai Sunbeds di Pinggir Pantai Selong Belanak Keindahan pantai selong belanak - source : tripadvisor.com
View Pantai Selong Belanak  – source : tripadvisor.com

Merasa lapar ketika sedang berwisata itu adalah hal yang sangat-sangat wajar πŸ˜€ , apa lagi ketika anda habis berenang di pantai atau berlari-larian di pinggir pantai, itu pasti akan menguras tenaga anda dan untuk mengembalikannya anda harus siap merogoh kocek anda untuk makan disana.

Di Pantai Selong Belanak terdapat banyak sekali tempat makan yang enak yang saling berjejer menghadap ke pantai. Bukan hanya tempat makan, tetapi juga ada Bar dan cafe. Karena anda sedang berada di pantai tentu saja harus mencicipi Seefood khas ikan di pantai Selong Belanak.

Makan seeFood tidak lengkap jika tidak dibarengi dengan minum kelapa muda. Anda bisa membelinya di warung mana saja karena dominan mereka menjual kelapa muda yang nikmat. Widiih, memang surga dunia hanya tuhan yang bisa menciptakannya. Makan enak didampingi dengan pemandangan yang sangat luar biasa. Anda pasti akan menyesal jika tidak berkunjung ke Pantai Selong Belanak ini. ehem πŸ˜€

Aktifitas Seru Lainnya Di Pantai Selong Belanak

Sunbeds di Pinggir Pantai Selong Belanak Keindahan pantai selong belanak - source : tripadvisor.com
Sunbeds di Pinggir Pantai Selong Belanak Keindahan pantai selong belanak – source : tripadvisor.com

Tidak perlu takut ‘mati gaya’ jika anda sudah berwisata ke pantai ini karena anda dapat melakukan banyak hal selain berselancar atau berwisata kuliner. Pasir adalah teman yang asyik untuk anda mainkan, bermain pasir atau sekadar berjalan-jalan dipinggir pantai adalah aktifitas umum yang dapat anda lakukan disana. Mau lebih seru? coba saja anda berlari-lari kecil dan bermain-main air sambil mencipratkannya ke teman atau pasangan anda. πŸ˜€

Oh iya, pantai ini sudah tidak sepi seperti dulu lagi. Pantai ini kini sudah semakin ramai dikunjungi oleh wasatawan, terutama wisatawan manca negara yang ingin menikmati keindahan alam pulau lombok. Maka dari itu sudah banyak pula akomodasi-akomodasi yang tersedia di sekitaran pantai ini.

Selain bermain pasir, anda bisa berenang ketengah lautan. Tapi jangan terlalu ketengan ya nanti bisa ‘kelelep’ πŸ˜€ Selain itu anda juga bisa duduk atau tiduran santai di Sunbeds yang sudah tersedia disana layaknya turis asing yang sedang menikmati teriknya matahari. Gratis? hmm … menurut anda? πŸ˜€

Tidak suka dengan sunbeds, anda bisa duduk-duduk santai di bawah pohon yang rindang sambil menikmati minum air kelapa mudah yang segar. Anda dapat menyaksikan keindahan pantai dari sana, melihat aktifitas orang-orang yang sedang berjalan-jalan di pantai, menyaksikan orang-orang yang sedang belajar berselancar dan masih banyak aktifitas yang dapat anda lihat disana.

Tips Berwisata Ke Pantai Selong Belanak

Turis Asing Yang Berjalan-jalan di Pinggir Pantai Sunbeds di Pinggir Pantai Selong Belanak Keindahan pantai selong belanak - source : tripadvisor.com
Turis Asing Yang Berjalan-jalan di Pinggir Pantai  – source : tripadvisor.com
  • Jangan sungkan ya untuk menanyakan arah jalan ke Pantai ini, karena apa? Lombok itu ramah bro πŸ˜€
  • Jika anda menggunakan Sepeda Motor berhati-hatilah pada jalan yang berpasir. Parkir di tempat parkir yang tersedia. Karena beberapa kasus ada sepeda motor yang bannya sengaja di bocorkan dan tiba-tiba udah ada aja tukang tambal ban di dekat sana. (Modus)
  • Selalu gunakan tabir surya, kalau tidak punya ya beli πŸ˜€ , kalo tidak mau beli, cukup gunakan penutup kepala jika sedang berada di pantai.
  • Jangan gunakan alas kaki jika sedang berjalan-jalan di pantai. Apalagi sendal jepit yang basah, itu akan mengakibatkan kaki anda lecet akibat gesekan.
  • Selalu jaga barang bawaan anda, karena namanya saja tempat wisata akan selalu ada orang yang dapat bersikap buruk disana.
  • Ada baiknya anda berkunjung dulu ke pantai kuta lombok sebelum mengunjungi pantai Selong Belanak.
  • Masuk Ke Pantai dari parkir, ambil jalan kekanan jika anda menginginkan suasana pantai yang relatif sepi pengunjung.

Menuju Pantai Selong Belanak

Pantai ini berlokasi di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Tidak terlalu jauh dari bandara, hanya memakan waktu sekitar 1 jam dengan jarak tempuh 34 Kilometer saja. Dibawah ini sudah saya sediakan Maps untuk memudahkan anda menuju ke Pantai.

Selong Belanak Map