Desa Penelokan Kintamani

Ini Dia Tempat Wisata Indah di Bali Selain Pantai

tempat wisata di bali selain pantai – Bali lebih populer tentang pantainya dari pada objek-objek wisata lainnya yang ada di Bali. Meskipun saat ini sudah banyak sekali bertebaran objek-objek wisata baru yang memang tidak berbasis pantai.

Tak heran jika wisatawan yang berkunjung ke Bali pertama kali akan menuju pantai sebagai destinasi awal yang baik. Karena memang Bali merupakan sebuah wilayah kepulauan yang dikelilingi oleh pantai.

Biasanya para wisatawan mancanegara akan sangat senang berlibur ke pantai di Bali sekadar untuk berjemur, menikmati pemandangan alam dan atau menikmati keseruan ombak yang digunakan untuk aktifitas surfing bagi yang sudah profesional.

Namun tidak kah kalian sempat berfikir apakah selain pantainya yang elok masih ada objek-objek wisata lain yang dapat kalian kunjungi selagi berlibur di Bali? karena sebagus apapun keindahan pantai, seindah apapun suasana sore pantai pasti kalian tetap menginginkan suasana lain yang lebih berfariasi bukan.

Sebenarnya ada banyak sekali objek-objek wisata di Bali yang tidak hanya berbasis pantai atau laut. Misalnya saja objek wisata pura yang bertajuk wisata religi dengan sejarah-sejarahnya yang menakjubkan, objek wisata air terjun yang tak kalah indahnya dengan wisata lainnya di luar Bali, wisata danau, pegunungan, museum, seni dan masih banyak lagi yang dapat kalian kunjungi ketika berlibur keBali.

Dan kali ini, wibara akan memberikan beberapa destinasi wisata menarik di bali yang tidak hanya berbasis pantai namun masih tetap seru untuk dikunjungi.

Tempat Wisata Indah di Bali Selain Pantai

Berikut adalah 7 tempat wisata di bali selain pantai yang dapat dijadikan refrensi untuk kalian kunjungi ketika sedang berlibur di Bali.

1. Danau Beratan Bedugul

Danau Batur Bedugul
Danau Beratan Bedugul

Salah satu danau dari 4 danau yang ada di Bali adalah Danau Beratan yang terletak di Bedugul. Danau ini merupakan danau alami yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah.

Kalian bisa menikmati pemandangan indah di danau ini sambil menikmati makan di warung-warung yang ada di pinggiran danau Beratan ini. Biasanya orang-orang yang ingin berwisata ke Bali Utara dari Bali Selatan akan singgah terlebih dahulu ke Danau Beratan ini untuk sekedar bersantai melepas lelah ketika berkendara.

Yang unik dari Danau ini adalah adanya pura yang ada di pinggiran danau. Nama pura ini adalah Pura Ulun Danu yang juga memiliki keeksotikan yang menakjubkan. Danau ini berada di kawasan dataran tinggi sehingga lokasinya sangat asri dan menyejukkan sehingga menjadi pilihan terbaik kalian untuk melepas penat.

2. Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Garuda Wisnu Kencana
Garuda Wisnu Kencana

Sebuah lokasi wisata yang sangat luas dan menjadi tempat pertunjukan berbagai macam seni budaya di Bali, Garuda Wisnu Kencana atau yang sering disingkat menjadi GWK. GWK sebenarnya merupakan sebuah patung raksasa yang nantinya menjadi ikon pulau dewata.

Patung ini menceritakan kisah tentang Garuda Wisnu Kencana yang mengisahkan tundangan dewa wisnu yakni Garuda. Patun ini belum sepenuhnya rampung atau baru hanya sekitar 15% dari bentuk aslinya.

Meskipun begitu, patung ini terlihat sangat megah dan perkasa. Di sekitaran GWK kalian akan menemukan berbagai tebing-tebing kapur yang menjulang tinggi. Di kawasan inilah sering diadakan teater kesenian Bali.

3. Pura Besakih

Pura Besakih Bali
Pura Besakih Bali

Bali terkenal dengan sebutan Pulau Seribu Pura. Sebutan tersebut tidak terlalu berlebihan mengingat begitu banyaknya pura-pura yang dibangun di Bali. Setiap desa pakraman saja paling sedikit memiliki 3 buah Pura.

Salah satu pura terbesar yang menjadi pusat sekte di Bali adalah Pura besakih. Disinilah para umat hindu melakukan persembahyangan. Banyak sekali upacara-upacara adat hindu yang dilakukan di Pura Besakih.

Selain itu dikawasan ini juga menjadi tempat pementasan berbagai macam tarian adat bali yang berhubungan dengan ritual keagamaan. Pementasan akan dilakukan ketika ada upacara keagamaan yang cukup besar di pura besakih.

4. Monkey Forest

monkey forest bali
monkey forest bali. sumber: bali-indonesia.com

Salah satu objek wisata di bali selain pantai yang cukup terkenal adalah Monkey Forest yang berlokasi di Ubud. Sama seperti namanya, Monkey Forest dihuni oleh ribuan ekor kera liar yang berkeliaran di sekitar area hutan.

Kera-kera yang ada disana dikatakan keramat oleh para penduduk setempat. Sebagai pengunjung kita tidak boleh menggangu dan mengusik kera-kera yang ada disana. Namun jika kalian boleh memberikan makanan kepada para kera yang ada disana.

Selain menikmati kehidupan liar para kera, kalian juga dapat menikmati kesejukan udara yang dihasilkan dari pohon-pohon rindang yang tumbuh disana.

5. Danau Batur Kintamani

Danau Batur Bali
Danau Batur Bali

Selain danau beratan, danau Batur juga merupakan destinasi wisata yang paling dicari di Bali. Tempat ini merupakan salah satu alternatif terbaik bagi anda yang sudah ‘bosan’ menikmati suasana pantai di Bali.

Danau Batur terletak di gunung paling tinggi ke-2 di Bali yakni gunung Batur. Danau ini juga merupakan danau paling luas dari 4 danau yang ada di Bali. Karena berada di dataran tinggi, sudah pasti kawasan danau Batur memiliki suasana yang sangat sejuk dan asri.

Di kawasan Danau Batur sudah banyak di bangun restoran-restoran yang sangat cocok untuk kalian jadikan tempat untuk bersantap siang. Sambil menikmati hidangan yang disediakan juga menikmati keindahan alam Danau Batur Kintamani.

6. Tari Kecak di Pura Uluwatu

Tari kecak uluwatu
Tari kecak uluwatu

Pura Uluwatu merupakan sebuah pura yang terletak di ujung kaki Pulau Bali. Dikatakan di Ujung karena memang lokasinya berada diujung tebing tinggi yang berhadapan langsung dengan laut lepas.

Menikmati tari kecak di Uluwatu memang menjadi alternative terbaik selain wisata pantai di Bali. Tari Kecak merupakan tarian khas bali yang memadukan tarian dengan iringan musik yang dihasilkan dari suara para penari. “cak..cak..cak” suara dari para penari laki-laki yang duduk melingkar mengitari penari utama.

Suara yang dihasilkan para penari silih berganti dan saling bersahutan sehingga menghasilkan nada yang seru dan enak di dengar. Biasanya pertunjukan tari kecak dilaksanakan di Sore hari di uluwatu.

7. Taman Safari : Bali Marine and Safari Park

taman safari marine park
taman safari: bali marine and safari park. sumber: indonesia.tripcanvas.co

 

Selain wisata pantai, danau, pura dan yang lainnya, ternyata di Bali juga ada wisatan edukasi berupa Taman Safari : Bali Marine and Safari Park. Wisata ini sangat cocok untuk kalian yang sudah berkeluarga. Mengajak anak-anak ke tempat ini akan membuat hati mereka menjadi bahagia.

Pasalnya kalian akan melihat berbagai macam spesies hewan liar dari berbagai tempat di dunia disini. Selain itu ketika menjelang malam tentunya akan ada banyak hal-hal yang unik dan menarik yang dipertontonkan di sini.

Ketika larut mulai tiba maka kalian akan diajak untuk mengelilingi taman safari dan bertemu dengan hewan-hewan yang memang mulai aktif di malam hari. Suasananya menjadi sangat seru dan menantang, namun kalian jangan ragu soal faktor keamanan.

Keamanan di Taman Safari ini sangat terjaga. Contohnya ketika kalian diajak untuk berkeliling ‘savana afrika’ yang memang didalamnya terdapat hewan-hewan liar seperti singa, macan dan saudara-saudaranya kalian akan berada di dalam sebuah kurungan.

Jadi meskipun kalian melihat dari jarak sangat dekat, kalian akan aman selama berada di dalam kurungan tersebut.

8. Merasakan Serunya Menjadi Petani di Tabanan

bertani di tabanan
bertani di tabanan. sumber: indonesia.tripcanvas.co

Salah satu kegiatan menarik lainnya bagi anda yang penat di pantai adalah dengan ikut langsung menjadi petani di Tabanan. Dsana kalian akan diajak untuk merasakan bagaimana susahnya untuk menanam padi hingga menjadi siap panen.

Mulai dari membajak sawah, menanam bibit dan masih banyak lagi. Kalian akan merasakan keseruan bersama keluarga dalam perjuangan menjadi keluarga petani. Selain keseruan, kegiatan ini juga dapat menjadi sarana edukasi kepada anak-anak bahwa untuk mendapatkan semangkuk nasi perlu perjuangan keras yang dilakukan oleh para petani.

Setelah lelah membajak sawah kalian dapat menikmati pijatan-pejatan yang menenangkan untuk dapat meregangkan otot-otot anda.

Itulah tempat-tempat indah di Bali selain pantai. Sebenarnya ada lebih banyak lagi wisata-wisata selain pantai di Bali. Kalian dapat menyusuri pulau Bali kemanapun dan kalian akan menemukan berbagai objek wisata menarik dalam petualangan anda.

Jangan takut untuk tersesat, apa lagi sekarang sudah jamannya GPS. Selain itu, warga bali juga terkenal dengan keramah tamahannya. Jadi sesuai pepatah ‘Malu bertanya, sesat dijalan’.

Have a good vacation 😉