Pura Ponjok batu

Pura Ponjok Batu

Pura Ponjok Batu – Tejakula

Pura Ponjok Batu-Sudah pernahkah anda berwisata ke bali utara bagian timur? atau mungkin anda sudah pernah berkunjung ke Pura Ponjok Batuyang terletak di desa Pacung kecamatan Tejakula, kabupaten Buleleng ( Baca Disini : Sejarah Kecamatan Tejakula ).
Pura Ponjok Batu merupakan sebuah tempat pemujaan untuk meminta berkah atau keselamatan, selain itu di Pura inijuga sebagai tempat penyucian diri (Melukat) bagi umat hindu. Apabila dari singaraja, jarak Pura ini kira-kira mencapai 24 Kilometer. Namun apabila di tinjau dari denpasar jaraknya mencapai 110 Kilometer.

Batu Perahu Ponjok Batu
Sebuah Perahu Kecil Di Atas Batu Karang Di Tengah Laut

Keunikan Di Pura Ponjok Batu

Setelah anda sampai di Pura Ponjok Batu anda akan melihat wilayah parkir yang luas dan di sampingnya terdapat pemandangan indah laut jawa yang membentang luas. Jalan raya besar ke arah timur di sebelah Pura akan menuju ke Amlapura.
Di areal parkir tersebut, akan terdapat banyak warung yang akan menjajakan makanan-makanan ringan yang dapat anda beli dengan harga yang murah. Dari areal parkir itu, anda sudah dapat melihat deburan ombak laut jawa yang saling bersautan silih berganti. Di sebelah timur dari areal parkir anda dapat melihat tempat persembahyangan bagi umat hindu yang ingin sekedar bersembahyang dan melanjutkan perjalanan menuju amlapura.
Candi Besar Di Ponjok Batu
3 Buah Candi Yang Terbuat Dari Bati Di Ponjok Batu

Menuju Halaman Utama Pura Ponjok Batu

Menuju ke halaman utama dari Pura,anda bisa melewati tangga besar menuju langsung ke halaman utama. Di halaman utama ini, anda bisa langsung melihat keindahan seni dari bangunan-bangunan suci yang tertata rapi di dalamnya. Di tempat inilah umat hindu melakukan persembahyangan bersama untuk meminta keselamatan.
Pohon-pohon yang tumbuh menambah keasrian dan kesucian Pura. Ketika hari-hari besar keagamaan umat hindu ataupun piodalan-piodalan di Pura ini, Akan banyak wisatawan-wisatawan asing yang berkunjung ke pura ini untuk melihat-lihat kebudayaan di pura ini. Ketika itu juga akan di sajikan tarian-tarian khas bali yang fungsi baik untuk menunjang jalannya upacara keagamaan atau juga sebagai pementasan.

Perahu Batu Di Pura Ponjok Batu


Balai Di Pura Ponjok Batu
Sebuah Balai Di Dalam Pura Ponjok Batu

Yang unik dari pura ponjok batu dan menjadi daya tarik wisatawan adalah adanya sebuah arca batu yang berbentuk perahu kecil yang beralaskan batu di pinggir laut Pura Ponjok Batu. Perahu kecil ini sangat disucikan, untuk dapat melihatnya secara jelas, dari halaman pura anda langsung menuju sebuah tangga yang turun menuju bibir pantai. Disana juga kerap dilaksanakan persembahyangan.

Tepat dibibir pantai yang berpasir hitam, terdapat sumber air yang muncul dari pasir hitam tersebut. Disanalah biasanya umat hindu menyucikan diri ( Melukat ) dengan cara membasuhkan air dari mata air itu di muka dan di kepala kemudian meminumnya. Anda juga bisa meminum air tersebut asalkan dengan persetujuan jero mangku di sana.
Jika anda wisatawan dari luar bali atau luar negeri, jika ingin Berwisata Ke Pura Ponjok Batu sebaiknya pada hari-hari besar keagamaan umat hindu atau di saat ada piodalan-piodalan di pura ini. Karena pada saat itu akan banyak dipentaskan tari-tarian dan lain-lain. Jangan lupa juga anda harus mengenakan pakaian adat khas bali, minimal menggunakan kamen atau kain yang di gulungkan di kaki anda.