Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul Tampaksiring Bali

Pura Tirta Empul Bali

Pura Tirta Empul Bali – Objek wisata di bali selalu memiliki keunikan tersendiri yang tidak mungkin dimiliki oleh tempat-tempat wisata lainnya di indonesia. Tak salah jika Pulau Bali disebut sebagai surganya bagi para pelancong yang ingin menikmati liburannya di Pulau Bali ini.
Di bali tidak hanya menyuguhkan wisata-wisata seperti pantai, danau, ataupun wilayah pegunungan saja, tetapi Bali juga menyuguhkan wisata Pura yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan domestik maupun manca negara. Pura di bali umumnya berfungsi sebagai tempat persembahyangan bagi umat hindu di bali, selain itu beberapa pura di bali juga berfungsi sebagai tempat melukat. Melukat sama artinya menyucikan diri, biasanya diperlukan sebuah mata air suci untuk melakukan ritual Pelukatan ini.

Ada banyak Pura di bali yang memiliki mata air suci yang berfungsi sebagai tempat melukat, contohnya adalah Pura Tanah Lot, Pura Ponjok Batu, Pura Tirta Empul dan masih banyak lagi pura-pura di bali lainnya. Salah satu Pura yang banyak di kenal wisatawan sebagai tempat penyucian diri adalah Pura Tirta Empul Tampaksiring Bali.

Pelataran Pura Tirta Empul
Tampak Dari Atas Kolam Tirta Empul
Images By : samongbali.blogspot.com

Menyucikan Diri Di Pura Tirta Empul

Kolam Pura Tirta Empul
Kolam Tirta Empul Yang Sedang Sepi
Images By : bjorngrotting.photoshelter.com

Pura Tirta Empul terletak di desa Manukaya Kecamatan Tampaksiring Kabupaten Gianyar – Bali. Pura ini juga merupakan tempat bersejarah karena di beberapa bangunan di pura ini salah satunya didirikan istana kepresidenan yang di bangun pada masa pemerintahan Soekarno di Indonesia. Nama Pura Tirta Empul di ambil dari sumber mata air yang dinamakan Tirta Empul yang apa bila diartikan adalah sebuah air yang menyembur dari tanah. Jadi Tirta Empul adalah air suci yang menyembur keluar dari dalam tanah ( Mata air suci ). Untuk lebih lengkap mengetahui Sejarah Pura Tirta Empul dapat anda Baca Disini.

Seperti halnya pura-pura lain di bali, Pura Tirta Empul di bagi menjadi 3 bagian yakni Nista mandala adalah bagian paling luar pura yang bisa juga disebut ‘jabe sisi’, Madya Mandala adalah bagian tengah pura setelah nista mandala yang biasa juga disebut ‘jabe tengah’ dan yang terakhir adalah Utama Mandala adalah bagian utama dari pura yang biasa disebut dengan ‘jeroan’.

Orang Melukat Di Pura Tirta Empul
Umat Hindu Yang Sedang Melakukan Ritual Melukat
Images By : maximizetravel.wordpress.com
Pada bagian Madya Mandala inilah terdapat sebuah kolam persegi panjang yang memiliki kurang lebih 30 buah pancuran yang berjejer dari timur ke barat dan menhadap ke selatan. Kolam di Pura Tirta Empul ini lebih mirib seperti Kolam Pemandian Air Panas Banjar Di Buleleng (Bali Utara), namun bedanya adalah pancuran di Kolam Air Panas Banjar berbentuk kepala naga namun jika di Pura Tirta Empul ini pancurannya lebih mirib seperti cangkang keong.
Menurut masyarakat sekitar, setiap pancuran di kolam tirta empul ini memiliki nama tersendiri, diantaranya adalah Pancuran Penglukatan, Pancuran Pembersian, Pancuran Sudamala dan Pancuran Cetik (Racun). Anda para wisatawan diperbolehkan untuk ikut menyucikan diri di kolam pancuran ini, syarat utamanya adalah anda harus mengguanakan ‘kamen’, sebuah kain yang di ikatkan di pinggang yang lebih mirib dengan rok panjang. Kamen ini adalah sebuah sarana persembahyangan yang dipakai umat hindu untuk dapat memasuki pelataran sebuah pura.
Turis yang melukat di pura tirta empul
Seorang Turis Yang Sedang Berdoa Di Pancuran Tirta Empul
Images By : www.baliparadise-tour.com
Air yang di pancurkan oleh pancuran ini cukup dingin dan segar, karena air ini baru saja muncul dari sumber mata air tanah. Umat hindu yang melakukan ritual pelukatan di kolam ini terlebih dahulu mempersembahkan sebuah ‘canang’ yang diletakkan tepat diatas pancuran yang kemudian di isikan dupa yang telah di hidupkan. Sembari melakukan pelukatan, umat hindu akan berdoa sesuai keinginannya. Tak jarang para wisatawan asing juga ikut melakukan ritual tersebut dan ikut berdoa dengan menyatukan kedua telapak tangannya.

Menuju Pura Tirta Empul Bali

Jika Sedang Ramai Pengunjung Maka Antrian Tak Akan Terelakkan
Images By : bali-jingga.blogspot.com
Tirta Empul berlokasi di desa Manukaya Kecamatan Tampaksiring Kabupaten Gianyar – Bali. Untuk menuju lokasi ini anda perlu menempuh jarak sekitar 36 Kilometer dari kota denpasar dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Namun jika anda habis berwisata di Pantai Lovina Di Bali Utara dan akan langsung menuju ke Pura Tirta Empul ini, maka anda akan menempuh jarak sekitar 82 Kilometer dengan jarak tempuh sekitar 2 jam. Dari lovina menuju tirta empul anda akan melewati jalan kintamani, karena jalan inilah yang paling dekat ke tirta empul. Melewati kintamani ada baiknya anda singgah di Pura Ulun Danu Batur atau Danau Batur. Jika anda ingin lama di kintamani anda juga bisa melakukan hiking di Gunung Batur Kintamani

Peta Lokasi Pura Tirta Empul Bali