Gunung Batur

Tips Mendaki Gunung Batur Kintamani Bali

Gunung Batur Bali

Mendaki Gunung Batur Kintamani Bali – Di Bali terdapat banyak sekali dataran tinggi, salah satunya adalah daerah kintamani. Di daerah kintamani adalah daerah yang menjadi tujuan wisata yang terfavorit saat ini. Beberapa objek wisata yang ada di kintamani adalah Danau Batur, Gunung Batur, Pura Ulun Danu Batur, Desa Trunyan dan masih banyak lagi objek wisata lainnya.
Gunung batur di bali adalah salah satu gunung di bali yang masih aktif selain dari gunung agung di bali. Gunung ini sempat meletus pada tahun 1917 dan merusakkan beberapa perumahan dan desa disekitar gunung batur ini. Namun jangan kahwatir, sekalipun gunung ini termasuk gunung yang masih aktif gunung ini masih tetap dalam keadaan aman-aman saja. Bahkan sudah sejak lama gunung ini menjadi objek hiking yang sangat diminati oleh para wisatawan.
Puncak Gunung batur memiliki ketinggian 5633 kaki atau sekitar 1717 meter. Di lereng gunung batur terdapat sebuah danau yang juga disebut sebagai danau batur. Danau tersebut adalah danau terluas yang ada di bali. Ketika kita mendaki di Gunung Batur ini, di setengah perjalanan menuju puncak, kita sudah dapat menyaksikan keindahan danau batur yang menakjubkan. Hamparan biru yang luas dengan pemandangan-pemandangan lainnya melengkapi keindahan yang dapat mata kita pandang sepuasnya.

Manfaat Mendaki Gunung Batur Kintamani

Gunung Batur
Gunung Batur
Untuk anda para wisatawan yang belum pernah mendaki gunung tidak usah kawatir, karena rute pendakian ke gunung batur ini termasuk dalam level yang mudah. Mengapa? karena gunung batur ini sudah termasuk jajaran Geopark. Apa itu Geopark?
Geopark adalah sebuah daerah yang diakui oleh UNESCO melalui Global Geopark Network yang memiliki warisan geologi yang luar biasa. Ini berarti bahwa suatu daerah yang memiliki pemandangan alam yang baik untuk pendidikan, memiliki nilai ilmiah yang signifikan, terutama langka atau indah untuk dilihat.
-Dikutip Dari : www.baturglobalgeopark.com –

Jadi apa manfaat kita mendaki gunung batur?

  1. Menguatkan Otot dan Tulang
  2. Tubuh menjadi lebih sehat karena disana kita menghirup udara yang amat segar dan jauh dari kata POLUSI
  3. Menghilangkan Setres
  4. Membakar lemak dan membantu menurunkan berat badan anda, dan yang terpenting adalah
  5. Lebih memahami alam dan kehidupan

Masih banyak lagi manfaat lain yang kita dapat dari mendaki gunung batur kintamani ini.

Tips Mendaki Gunung Batur Bali

Di Puncak Gunung Batur
Images By : www.balebengong.net

Untuk mendaki gunung batur bali anda perlu datang ke sebuah desa yang paling dekat dengan gunung batur yakni desa Toya Bungkah. Sesampai di desa ini anda akan dihampiri oleh seorang pemandu wisata yang akan menawari anda paket untuk mendaki ke gunung batur. Anda bisa bernegosisasi dengan pemandu tersebut untuk menyepakati harga yang terbaik untuk anda.

Setelah anda bernegosiasi dan menyepakatinya anda akan dipersilahkan menginap di sebuah penginapan kecil yang lebih mirip dengan sebuah rumah. Disana anda menginap semalam dengan biaya kurang lebih Rp.60.000 saja.

Melihat Sunset di gunung batur
Images By : travel.kompas.com

Tepat pagi-pagi buta sekitar pukul empat pagi, anda akan dibangunkan untuk bersiap-siap melakukan hiking. Matahari belum terbit namun anda akan menyaksikan gemerlap senter dari wisatawan lain yang juga melakukan hiking. Tips saya yang harus anda laksanakan adalah bawalah telur mentah dari rumah dan letakkan di tas dengan aman agar tidak pecah. Jangan bawa perlengkapan yang banyak karena akan menghambat perjalanan anda, ingat juga bawa air dan makanan ringan lainnya.

Oleh pemandu, anda akan diajak menggunakan sepeda motor sejauh motor dapat menjangkau jalannya. Setelah itu ya anda harus jalan kaki untuk mencapai gunung batur ini. Anda tidak akan sendirian mendaki, akan ada banyak wisatawan yang akan ikut mendaki seperti jajaran kereta api mengikuti jalurnya. Semakin jauh jalan akan semakin terjal, namun akan ada pos-pos peristirahatan yang disediakan disana. Sekitar pukul 05.45 anda akan sampai di tempat yang tepat untuk dapat menyambut matahari. Namun jika anda kurang beruntung matahari akan tertutup awan, namun itupun sangat indah, cahaya jingga yang dipancarkan matahari terlihat sangat menakjubkan.

Memasak Telur Di Gunung Batur
Images By : travel.kompas.com

Sebelumnya saya suruh anda membawa telur mentah kan? ini akan difungsikan disini. Di puncak anda dapat merebus telur tanpa harus membawa panci, air dan kayu bakar. Anda hanya perlu mencari gundukan tanah yang menghebuskan asap kecil. Anda tinggal mengubur telur itu tidak begitu dalam dan tunggu beberapa menit. Taraa… Telurnya sudah matang. Namun jika anda lupa membawa telur mentahnya anda juga bisa membeli langsung yang sudah matang disana. Namun harganya bisa 10 kali lipat lebih mahal. – Mendaki Gunung Batur Kintamani Bali

Peta Lokasi Menuju Gunung Batur