Danau Buyan

Wisata Alam Danau Buyan Bali

Danau Buyan Bali- 3 dari 4 danau di bali berlokasi di dataran tinggi kawasan bedugul – bali. Satu lagi danau di bali berlokasi di dataran tinggi kintamani, danau tersebut adalah Danau Baturyang terletak di bawah kaki Gunung Batur Di Kintamani. Tiga danau lainnya terletak hampir berdekatan satu sama lainnya, Ketiga danau tersebut adalah Danau Beratan, Danau Tamblingan dan Danau Buyan.
Jarak Danau Tamblingan dan Danau Buyan sangatlah berdekatan, bahkan karena jarak yang cukup dekat ini Danau Buyan dan Danau Tamblingan disebut-sebut sebagai danau kembar di bali. Namun jauh berbeda dengan Danau Beratan yang letaknya di pinggiran jalan Singaraja – Denpasar. Danau Beratan ini pemanfaatannya mengacu pada sebuah objek wisata komersial, namun Danauini pemanfaatannya lebih mengacu kepada wisata alam yang masih dilindungi keberadaannya.

Danau yang juga pemanfaatannya lebih mengacu pada wisata alam adalah Danau Tamblingan. Danau ini juga masih sangat dilindungi, itu sebabnya kita tidak akan pernah menemukan sebuah kapal boat yang berkeliling di danau ini.

Danau Buyan Bali
Keindahan Danau Buyan
Images By : commons.wikimedia.org

Wisata Alam Danau Buyan Bali

Memancing Di Danau Buyan Bali
Suasana Memancing Di Banau Buyan
Images By : suarapublikbali.wordpress.com
Pengelolaan danau buyan ini berbeda dengan danau batur dan danau beratan, namun sama dengan danau tamblingan. Pemerintah telah menetapkan kawasan danau buyan menjadi kawasan Taman Wisata Alam (WTA), bukan hanya pada daerah danau saja namun meluas sampai kawasan danau tamblingan. Luas Taman Wisata Alam ini adalah lebih dari 1.700 hektar belum termasuk hutan-hutan di pinggiran danau. Jika dihitung luas wilayah konservasi hutannya mencapai 15.000 hektar yang sebagian besar adalah hutan belantara dan hanya sedikit kawasan taman hutannya.

Selain anda bisa menikmati keindahan danau buyan dari Kawasan Bumi Perkemahan, anda juga bisa memancing di sekitaran danauini. Tetapi syaratnya adalah anda harus membawa pancing pribadi dari rumah anda karena di sekitaran danau ini tidak akan ada jasa penyewaan pancing seperti halnya di danau beratan. Anda ingin bermalam di danau ini, anda bisa berkemah di Kawasan Bumi Perkemahan ini. Namun anda mesti tetap membawa sebuah tenda karena fasilitas disini tidak begitu lengkap. Hanya ada fasilitas untuk melakukan MCK di Kawasan Bumi Perkemahan ini.Seluruh kawasan di pinggiran danau ini adalah sebuah hutan, hanya sedikit kawasan di pinggiran danau yang dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagaia kawasan pertanian. Warga sekitar memanfaatkan lahan yang ada dengan menanami beberapa sayur-mayur dan buah-buahan yang dapat hidup di daerah dingin seperti strawbery, kol, dan yang lainnya. Bagi anda para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam di danau ini, anda bisa memanfaatkan Kawasan Bumi Perkemahan yang terletak di sebelah selatan danau buyan ini.

Berkemah Di Danau Buyan
Suasana Berkemah Di Pinggiran Danau
Images By : www.balioutboundteambuilding.com

Danau buyan terletak kurang lebih 1.350 meter diatas permukaan air laut. Oleh sebab itu meskipun pada siang hari kawasan ini tetaplah sejuk. Namun pada malam harinya jika anda sedang berkemah di kawasan ini maka bersiap-siaplah anda untuk menyediakan selimut karena udara disini akan sangatlah dingin ketika malam hari.

Memetik Buah Strobery di danau buyan
Seorang Anak Kecil Melangkah Mencari Buah Strobery Merah
Images By :travel.kompas.com
Membeli Strobery di danau buyan
Seorang Turis Meniambang Buah Strobery Hasil Petikannya Sendiri
Images By : fantasticbali.com
Selain untuk berkemah, kita juga bisa memetik buah stroberi yang ditanam oleh para petani di pinggiran danau buyan. Sebuah suasana yang seru jika anda memetik buah strobery langsung dari tempatnya bersama keluarga atau teman-teman terdekat anda. Setelah memetik buah anda bisa membeli langsung dengan harga perkilo yang relatif lebih murah dari harga yang ada di pasaran.

Peta Lokasi Danau Buyan