Pura taman ayun

Wisata Pura Taman Ayun Mengwi Bali

Pura Taman Ayun Bali

Wisata Pura Taman Ayun Menwi Bali – Bali memang banyak memiliki pura sebagai tempat persembahyangan memuja tuhan oleh para penduduk bali yang beragama hindu. Namun karena keindahan dan keeksotikan, sebuah pura bisa juga digunakan sebagai objek Wisata. Namun tidak melenceng dari fungsi utama yakni sebagai tempat persembahyangan.
Salah satu pura di bali yang juga memiliki fungsi sekunder sebagai tempat objek wisata adalah Pura Tanah Lot , Pura Madue Karang , Pura Ponjok Batu dan masih panyak pura-pura lainnya di bali yang menyuguhkan keindahan yang sangat menawan.
Bagaimana Dengan Pura Taman Ayun di mengwi, ya pura yang dibangun di tahun 1634 ini juga menyuguhkan keindahan alam yang tak kalah indah dengan pura-pura lainnya di bali. Pura ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan asing maupun lokal. Tak jarang, touris touris luar negri kerap dijumpai di pura ini hanya untuk sekedar berekreasi ataupun mengabadikan foto mereka dengan background pemandangan Puraini.
Pura taman ayun ini terletak di desa Mengwi kabupaten Badung Bali. Pura ini dibangun oleh raja kerajaan mengwi yakni I Gusti Agung Ngurah Made Agung. Dulunya Pura ini dibangun hanya sebagai tempat peristirahatan para raja di bali.

Wisata Pura Taman Ayun Mengwi bali

Pelataran Pura Taman Ayun
Images by : politik.news.viva.co.id

Umumnya, setiap pura di bali terbagi menjadi 3 bagian yaitu bagian luar yang biasa disebut dengan nista mandala, bagian tengah disebut madya mandala dan bagian dalam disebut utama mandala atau jeroan.

Pada Pura Taman Ayun ini, terdapat empat bagian yakni tembahan pada bagian jaba atau bagian paling luar dari pura. Pada bagian jaba ini terdapat halaman yang luas dan terdapat sebuah telaga yang mengitari seluruh bagian pura. Telaga ini merupakan telaga buatan manusia dengan lebar sekitar 5 meter yang ditanami bunga teratai, apabila teratai ini berbunga maka akan terlihat sangat indah. Di sekeliling telaga terdapat berbagai macam tumbuhan dan bunga yang tumbuh dan tertata dengan rapi.

Untuk masuk ke bagian tengah dari pura ini disediakan sebuah jembatan kecil untuk melewati telaga. Tepat di ujung jembatan dibangun candi bentar yang merupakan pintu utama masuk ke pelataran pura taman ayun ini.

Bagian luar pura taman ayun
Images By : bywayofkingston.com

Kemudian anda akan masuk ke bagian nista mandala dari Pura Taman Ayun, dibagian pura ini tepatnya di sisi kanan terdapat sebuah bangunan yang oleh masyarakat bali disebut dengan wantilan. Tempat ini biasanya sebagai tempat pertemuan atau paruman dan bisa juga sebagai tempat pertunjukan seni tari-tarian bali sekaligus pertunjukan gamelan bali yakni gong. Di sisi lainnya terdapat sebuah kolam pancuran air yang memancurkan airnya ke 9 penjuru mata angin. Kolam pancuran ini juga dikelilingi oleh beberapa patung lainnya.

Menuju Pura taman ayun bali
Images By : www.imaginative-traveller.com

Pada bagian madya mandala, terdapat ‘bale
kulkul’ yakni sebuah tower setinggi 15 meter yang didalamnya terdapat sebuah kulkul. Kulkul adalah sebuah kentungan berukuran basar yang tingginya berkisar 1 meter dan dibuat dengan menggunakan kayu khusus. Kulkul ini mengapa diletakkan di atas tower karena fungsinya adalah sebagai alat komunikasi untuk mengumpulkan seluruh warga desa mengwi. Setiap irama ketukan dari kulkul memiliki arti masing-masing, sehingga maksud dari membunyikan kulkul ini sudah dapat diketahui oleh warga sekitar. Jika anda para wisatawan diperbolehkan untuk menaiki bale kulkul ini, maka dari sana anda dapat melihat seluruh keindahan areal pura taman ayun.

Menuju Pura Taman Ayun Mengwi Bali

Pada bagian Utama mandala adalah tempat persembahyangan yang didalamnya terddapat berbagai macam meru. Yang membedakan pura taman ayun dengan pura lainnya di bali adalah jumlah tumpang merunya. Meru di pura ini berjumlah solas atau sebelas, yang biasanya meru jenis ini hanya diperuntukan atau disembah oleh para bangsawan jaman dulu. Namun meru tumpang sebelas di pura taman ayun ini dapat disembah oleh seluruh warga masyarakat hindu.

Pura taman ayun ini terletak di desa mengwi kabupaten badung bali. Jika anda dari kota denpasar maka untuk menuju ke pura ini anda akan menempuh jarak sekitar 19 Kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Jika anda dari kota singaraja atau anda dari Berwisata Di Pantai Lovina anda akan menempuh jarak sekitar 100 Kilometer dengan waktu tempuh 2 jam. – Wisata Pura Taman Ayun Menwi Bali

Peta Pura Taman Ayun Bali