Pura Ulun danu beratan

Wisata Pura Ulun Danu Beratan Bali

Pura Ulun Danu Bali

Wisata Pura Ulun Danu Beratan Bali – Bali disebut sebagai pulau seribu pura, tak mungkin dielakan karena memang bali memiliki ribuan pura di dalamnya. Pura di bali memiliki fungsi utama sebagai tempat suci untuk menyembah tuhan, sama halnya dengan mesjid atau gereja bagi umat islam atau kristiani. Pura-pura di bali di bangun sedemikian rupa sehingga selain menjadi tempat persembahyangan bagi umat hindu juga sebagai tempat kunjungan wisata yang menakjubkan. Keindahan pura di bali menjadi daya tarik yang unik bagi para wisatawan karena pura di bali ini selain memiliki nilai sejarah juga memiliki nilai estetika yang tinggi. Setiap pahatan atau ukiran yang ada di pura selalu memiliki arti tersendiri atau sama artinya dengan setiap ukiran di pura tidak dibuat semata-mata hanya untuk estetika semata.
Salah satu pura di bali yang sangat terkenal dikalangan para wisatawan asing maupun domestik adalah Pura Ulun Danu. Di bali terdapat dua buah pura ulun danu, yakni pura ulun danu yang berada di danau batur dan juga pura ulun danu yang ada di danau beratan. Kedua pura tersebut terletak persis di pinggiran danau. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah pura ulun danu yang terletak di pinggiran danau beratan.
Pura Ulun Danu ini teretak persis di pinggiran Danau Beratan, Pura ini berlokasi di desa candi kuning kecamatan baturiti tabanan Bali. Pura ulun danu ini adalah salah satu pura terindah di bali selain dari Pura Taman Ayun yang berlokasi di kabupaten badung Bali.

Wisata Pura Ulun Danu Beratan Bali

Wisata Pura Ulun danu beratan
Images By : www.balisari-tour.com

Nama pura ulun danu dapat dibagi menjadi dua yakni ‘ulun’ dan ‘danu’. Oleh masyarakat bali, ‘Ulun‘ berarti hulu ( Lawan kata hilir) dan ‘Danu‘ berarti Danau. Jadi kata pura ulun danu bisa diartikan sebagai pura yang letaknya di hulu sebuah danau.

Suasana di sekitaran pura ulun danu sangatlah sejuk, itu dikarenakan letak pura ini di pinggiran danau beratan. Selain itu, karena pura ulun danu ini terletak di dataran tinggi pengunungan sekitar 1.239 meter dari permukaan air laut jadi apabila anda berkungjung di pagi hari ataupun siang hari udara akan tetap terasa sejuk dan agak dingin. Inilah yang dinikmati oleh para wisatawan, udara sejuk tempat dimana dapat menghela nafas yang panjang karena kesejukannya ditambah dengan keindahan alam sekitar yang sangat menakjubkan.
Pura ulun danu adalah pura tempat pemujaan tuhan dengan manifestasinya Sang Hyang Dewi Danu sebagai dewi kesuburan. Disekitaran areal pura ulun danu terdapat banyak sekali tumbuhan bunga yang tumbuh mekar. Karena anda akan berkunjung ke sebuah pura, anda sebaiknya menyewa sebuah kamen atau kain sebagai sarana wajib para umat hindu untuk dapat memasuki pelataran sebuah pura.

Keindahan Pura Ulun Danu Beratan

pelataran pura ulun danu
Images By : balitopholiday.com

Keindahan pura ulun danu beratan dilengkapi dengan adanya danau beratan di sampingnya. Pura ini memiliki meru yang menjulang tinggi bertumpuk sebelas akan terlihat indah dari kejauhan. Keindahan pura ini memikat para wisatawan yang ingin berkunjung menikmati keindahan pura dan lingkungan sekitarnya sambil berfoto ria bersama keluarga atau sahabat.

Banyak photografer-photografer handal yang memilih melakukan hunting foto di areal pura ini. Bahkan tak banyak pasangan yang baru akan menikah melangsungkan foto pre-weddingnya di tempat ini. Terlihat indah dan menakjubkan ketika background pre wedding anda adalah pura ulun danu di danau beratan.

Untuk menuju ke pura ulun danu, jika kita dari denpasar atau anda dari Pura Tanah Lot menuju ke pura ulun danu maka anda akan menempuh jarak sekitar 45 Kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Namun jika anda dari Pantai Lovina maka anda akan menempuh jarak kurang lebih 35 Kilometer dengan waktu tempuh kurang dari 2 jam. – Wisata Pura Ulun Danu Beratan Bali

Pura Ulun Danu Maps