Pura Tanah Lot

Wisata Tanah Lot Di Bali Selatan Dekat Pantai

Wisata Tanah Lot Bali

Wisata Tanah Lot Di Bali – Tanah lot adalah salah satu objek wisata pura di bali selatan yang sangat menawan. Banyak wisatawan asing maupun domestik datang ke pura ini untuk menikmati keindahan Pura Tanah Lot ini. Itu dikarenakan pura ini memiliki keunikan yaitu puranya berada di atas karang tepat di tengah laut. Pura yang berlokasi di desa braban kabupaten tabanan ini di bangun pada abad ke 16.

Sejarah Di Bangunnya Pura Tanah Lot

Sebelumnya ada seorang penyebar ajaran hindu dari pulau jawa, beliau bernama “Danghyang Niratha” dengan banyak pengikutnya. Beliau telah membangun banyak pura dibali, salah satunya adalah Pura Ponjok Batu. Suatu ketika beliau melihat sebuah sinar yang ia ikuti ke arah tenggara. Sampailah ia di sebuah tempat yang terdapat mata air dan sebuah batu karang yang besar berbentuk burung yang oleh masyarakat sekitar disebut gili beo yakni karang besar yang berbentuk burung.

Disanalah Danghyang Niratha bersama para pengikutnya melakukan meditas untuk memuja dewa penguasa laut sembari menyebarkan ajaran agama hindu kepada masyarakat sekitar. Niat baik dari Danghyang Niratha ini tidak disambut baik oleh kepala desa beraban yaitu bendesa beraban sakti. Oleh kepala desa beraban bersama para antek-anteknya berniat untuk menyerang Danghyang Niratha beserta para pengikutnya yang sedang melakukan semedhi.

pura tanah lot
Pura Tanah Lot

Namun dengan kesaktian yang dimiliki oleh Danghyang Niratha, ia kemudian memindahkan batu karang yang besar itu ke tengah laut dan merubah selendangnya menjadi seekor ular yang amat berbisa untuk menjaga mereka. Melihat kehebatan yang dimiliki oleh Danghyang Niratha ini, bendesa beraban sakti kemudian memilih menjadi pengikut setia dari Danghyang Niratha. Kemudian di batu karang itulah Danghyang Niratha membangun sebuah pura yang sampai saat ini dikenal dengan pura tanah lot.

Keunikan Pura Tanah Lot

keindahan pura tanah lot
Sunset Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot memiliki ciri khas tersendiri yakni pura yang berada diatas karang dan karangnya berada di tengah laut. Otomatis pura ini berada ditengah laut, lah bagaimana cara orang-orang mau sembahyang kalau puranya ditengah laut? ya jadi orang-orang akan datang kepura ini ketika air laut surut dan pada saat itu pula jalan menuju pura ini akan terlihat. Namun ketika air laut itu pasang maka pura ini akan dikelilingi oleh air laut dengan ombak yang cukup besar. Jarak pura Tanah lot ke bibir pantai ketika pasang adalah sekitar 50 meter.

Jika anda ingin berkunjung ke Puraini ada baiknya anda datang di sore hari karena pada sore hari air laut disana akan surut jadi anda dapat masuk sampai ke pelataran pura tanah lot ini. Namun jika anda datang di pagi hari maka air laut disini kerap sekali pasang maka anda ataupun orang yang ingin bersembahyang disana tidak akan dapat menuju ke pura ini.

pura tanah lot bali
Pura Tanah Lot

Ada pengecualian bagi anda para wisatawan yang ingin berkunjung ke pura ini. Yakni bagi para wisatawan wanita yang sedang menstruasi atau datang bulan dilarang memasuk pelataran pura ini. Karena wanita yang sedang datang bulan dianggap masih kotor jadi ia tidak boleh masuk ke pura dengan anggapan bisa bisa mengotori kesucian pura tersebut. Namun tenang, diluar dari pura tanah lot anda bisa menyaksikan sumber mata air tawar dan juga ular suci milik Danghyang Niratha.

Sumber Mata Air Tawar di pura ini sangat di sucikan, air suci ini disebut dengan tirta pembersihan. Yang menjadi unik dari sumber mata air ini adalah lokasi sumber airnya yang muncul di deburan air laut. Bagaimana bisa di dalam asinnya air laut terdapat sumber mata air tawar. Dengan menggunakan air tawar ini wistawan dapat membasuh muka atau bagian tubuh lainnya sembari mengucapkan doa. Konon Doa yang disampaikan akan benar-benar terkabul.

Yang Dinanti Di Tanah Lot

Pelataran pura tanah lotApa yang dinanti oleh para wisataan di pura tanah lot? ketika hari menjelang petang matahari akan menutup dirinya. Disaat itulah keindahan dan ke eksotikan pura ini terlihat. Pancaran sinar matahari menjelang tenggelam bagaikan dilahap oleh lautan menjadikan pura ini nampak gelap dan yang terlihat hanyalah seluiet atau bayangan dari pura ini.

sunset di pura tanah lot

Kesempatan inilah yang dinanti-nanti oleh para photografer handal untuk mengabadikan tempat ini dalam sebuah foto. Maka dari itu tak jarang ratusan bahkan ribuan wisatawan asing maupun domestik datang berbondong-bondong ke tempat ini hanya untuk melihat keindahan sunset di Puraini.

Akomodasi dan Fasilitas

Pura ini terletak tidak jauh dari kota denpasar, kurang lebih sekitar 25 kilometer dari pusat kota denpasar dan atau 13 kilometer dari pusat kota tabanan. Anda bisa menyewa paket wista untuk kepura ini atau menyewa taksi atau rental mobil untuk dapat menikmati keindahan pura tanah lot ini. Dari tempat parkir menuju Pura banyak dijumpai art shop, kios-kios suvenir, jasa tattoo temporary, serta warung makan atau kedai minuman. Berbagai macam tipe penginapan juga banyak tersedia di sekitar pura, mulai dari penginapan kelas melati hingga hotel berbintang. – Wisata Tanah Lot Di Bali

Tanah Lot Map