Goa Gajah

Goa Gajah Wisata Bersejarah Di Bali

Goa Gajah- Sebeanarnya, Goa Gajah ini adalah sebuah Pura Di Bali yang berlokasi di Desa Bedulu kecamatan Blahbatu Kabupaten Gianyar – Bali. Kawasan Goa Gajah termasuk dalam kawasan Daerah Ubud, sekitar 27 Kilometer dari pusat kota denpasar.
Tidak seperti namanya, Goa Gajah tidaklah sebuah Goa yang dipenghuni oleh kumpulan hewan gajah. Lain halnya dengan Goa Lawah Di Klungkung, yang merupakan sebuah Goa yang dihuni oleh sekumpulan ‘Lawan’ (Kelelawar). Goa inimerupakan salah satu wisata sejarah terkenal di bali, itu karena pembangunan pura ini di perkirakan di bangun pada abad ke-11 Masehi.
Goa gajah ini menjadi daya tarik para wisatawan domestik maupun manca negara. Para wisatawan dapat masuk menelusuri Goa ini karena memang Goa ini tidak terlalu luas. Ukuran tinggi dari goa ini sekitar 2 meter dengan lebar sekitar 2 meter juga. Di dalam Goa ini memiliki jalan yang berbentuk huruf T, yakni setelah masuk sedikit akan ada cabang ke kiri dan ke kanan.

Wisata Sejarah Di Goa Gajah Bali

wisata sejarah di goa gajah
Tampak Foto Di Mulut Goa di Goa Gajah Yang Bersejarah
Images By : arnayatourbali.blogspot.com
Kata Goa Gajah sebenarnya berawal dari kata “Lwa Gajah”, dimana kata “Lwa” pernah ditemukan pada lontar Negarakertagama yang memiliki arti ‘sebuah sungai’. Jadi istilah Lwa Gajah ini bisa diartikan Pertapaan yang ada di tepi sungai.
Pada mulut Goa di Goa ini, terdapat 2 buah patung di kiri dan di kanan bagaikan seorang penjaga. Di tepian mulut goa terdapat ukiran patung kepala raksasa yang oleh masyarakat hindu bali menyebutnya dengan ‘Bomha’, sebuah ukiran relief yang wajib ada pada candi-candi di depan pura. Fungsinya tiada lain adalah untuk menyucikan pikiran bagi orang-orang yang ingin masuk ke pelataran sebuah Pura.
Ceruk Di Goa Gajah
Foto Seorang Wisatawan Yang Sedang Berlaga Bertapa Di Salah Satu Ceruk Goa
Images By : bagaimanacarakita.info
Lingga Di Goa Gajah
3 Buah Lingga Yang Berada Di Ujung Kiri Goa
Images By : tina-tinu-wisata.blogspot.com
Masuk ke dalam Goa, anda akan mendapati suasana hening dan tenang, dengan lampu agak redup yang menyinari seluruh isi Goa. Di Sisi-sisi Goa terdapat Ceruk (Lubang berbentuk kotak seperti tempat duduk) yang dulu digunakan sebagai tempat dimana para Rsi atau budha melakukan tapa dan samadhi. Namun saat ini anda para wisatawan dapat duduk disana sambil mengabadikannya dalam foto. Di dalam goa ini berbentuk huruf T, dimana di bagian kiri terdapat 3 buah lingga dan di bagian kanan terdapat Patung/arca Ganesha (Anak dewa siva, dengan bentuk tubuh berbadan manusia berkepala gajah).

Di depan areal Goa ini terdapat 7 buah patung bersejarah, 6 dari 7 patung ini memancurkan air ke dalam sebuah kolam. Untuk dapat melihatnya secara lebih dekat, anda harus menuruni beberapa anak tangga. Ke tujuh patung ini disebut sebagai jelmaan widayadari dan widyadara. Posisi ketujuh patung ini terletak sangat simetris, dimana 3 buah patung widyadari terletak di sisi kanan dan kiri patung widyadara. Atau bisa dibilang patung widyadara terletak di tengah-tengah diantara patung widyadari.

pancuran air di goa gajah
Areal Pancuran Oleh Arca Widyadara-widyadari Yang Sedang Difoto Oleh Seorang Wisatawan
Images By : rentalmobilbali.net
Selain itu, di areal goa gajah ini tumbuh berbagai macam pepohonan yang membuat suasana di sekitaran goa menjadi sejuk dan nyaman. Terdapat sebuah pohon yang amat besar yang menurut penjaga goa gajah ini pohon tersebut sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Tak salah jika pohon ini sangat besar dan tinggi dengan akarnya yang merambat kemana-mana. Wisatawan yang berkunjung ke goa gajah ini bebas mengambil foto sepuasnya.

Perjalan Menuju Goa Gajah

Goa Gajah berada di daerah ubud, tepatnya di desa Bedulu, kecamatan Blahbatuh, kabupaten Gianyar-Bali. Jika anda dari Pura Taman Ayun langsung menuju tempat ini, anda akan menempuh jarak yang cukup dekat sekitar 19 Kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit jika tanpa kemacetan. Namun jika anda dari pusat kota denpasar maka akan menempuh jarak sekitar 27 Kilometer dengan waktu tempuh lebih dari 30 Menit.

Peta Lokasi Goa Gajah