Pura Melanting

Pura Melanting Buleleng – Dekat Pura Pulaki

Pura Melanting – Pura Dalem Melanting terletak di pantai utara pulau Bali, termasuk wilayah desa Banyupoh, kecamatan Grokgak kabupaten Buleleng, sekitar 50 Km ke arah barat dari kota singaraja. Kisah Pura inicukup menarik. Percaya atau tidak, kisah mistik ini masih sering dibicarakan sampai saat ini.

Pura initerletak cukup dekat dengan Pura Pulaki, itu karena Pura ini merupakan salah satu stana “Pesanakan Ida Batara Sami” ysng termasuk pesanakan dari Ida Batara Pulaki, Ida Batara Kertaning Jagat (di Desa Banyu Poh), Ida Batara Mutering Jagat (di Dusun Yeh Panes – Pemuteran), dan Ida Batara Pabean.

Namun sedikit berbeda dengan Pura Pulaki, Pura Melanting berlokasi agak ke dalam dan melintasi hutan-hutan kecil dan rumah-rumah penduduk di sepanjang perjalanannya.

pura melanting buleleng
Tangga Menuju Pura Melanting Buleleng
Images By : www.pixoto.com

Sekilas Tentang Pura Melanting

Pura Melanting adalah termasuk aspek agama dan kebudayaan yang sangat penting kedudukannya dalam kehidupan masyarakat bali khususnya para pedagang. Kata Melanting di ambil dari 2 kata yang berbeda yakni ‘Mel’ dan ‘Anting’, Mel berarti kebun atau hasil bumi dan Anting berarti bergantung pada tali. Melanting adalah suatu tempat persembahan hasil bumi yang dipersembahkan kehadapan Ida Ayu Swabawa sebagai Bhatari Melanting (Dewa yang menguasai pasar).

Secara garis besar, pengertian Melanting adalah :

Melanting adalah tempat persembahan/persembahyangan untuk menghaturkan segala hasil bumi atau yang lainnya sebagai ucapan rasa terima kasih kehadapan Bhatari Melanting yang berstana di sana serta memohon keselamatan sehingga tidak diganggu oleh wong samar (mistik).

Fungsi Pura Melanting

Pura melanting umumnya didirikan di setiap pasar di bali, itu oleh karena kegiatan jual-beli antara pedagang dan pembeli selalu berhubungan erat dengan Pura ini. Kebanyakan yang berdoa di Pura iniadalah kaum pedagang yang memohon ketentraman, keselamatan dan kesejahteraan ketika berjualan, sehingga dapat memperoleh keuntungan yang maksimal seperti yang diharapkan.

Pura Melanting Buleleng

Bangunan suci di pura melanting
Salah Satu Bangunan Suci Yang Ada Di Pura Melanting Buleleng

Pura ini adalah pura yang cukup megah, dan berada di tengah hutan. Suasana Melanting ini sendiri begitu asri, alam sekelilingnya indah dan bangunan pura terlihat kokoh berdiri dengan megahnya. Yang mnejadi unik disini adalah bangunan-bangunan candinya yang amat menawan dan megah.

Pertama anda sampai di pura ini, anda akan di sambut dengan tangga yang disisi kanan dan kirinya terdapat patung naga dari ujung atas tangga sampai ujung bawah tangga dengan kepala naga berada di bagian awal tangga.

Sampai di ujung tangga terdapat candi betar yang amat megah, anda pasti akan terkagum-kagum melihatnya. Masih banyak terdapat bangunan-bangunan suci megah lainnya di dalam pura ini, anda dapat melihat-lihat sekeliling sambil berfoto-foto.

Dari dalam Pura ini, anda masih dapat melihat tebing yang berdiri kokoh diatasnya. Tebing-tebing tersebut akan menghijau ketika memasuki musim penghujan, namun jika musim kemarau tiba ya akan terjadi sebaliknya.

Pemandangan di Pura ini sangat indah, itu dikarenakan lokasi Pura yang berada di tengah hutan namun masih bisa terjamah oleh kendaraan-kendaraan seperti mobil.

Menuju Pura Melanting Buleleng

Lokasi Pura Melanting Buleleng termasuk dalam desa Banyupoh, kecamatan gerokgak. Apa bila anda mengambil posisi dari pantai lovina menuju Pura ini anda akan menempuh jarak sekitar 45 Kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam. Dari jalan raya jurusan Singaraja-Gilimanuk anda masih harus memasuki gang kira-kira 2 kilometer untuk dapat menuju ke Pura Melanting ini.

Peta Lokasi Menuju Pura Melanting Buleleng