Pura Pabean

Pura Pabean – Depan Pura Pulaki

Pura Pabean – Salah satu pura yang ada di kawasan pulaki adalah pura Pabean. Pura ini terletak sangat dekat dengan pura pulaki, kira-kira sekitar 20 meter dari pura pulaki anda sudah dapat menjangkaunya. Pura Pabean terletak bersebrangan dengan pura pulaki, hanya dibatasi oleh jalan besar jurusan Gilimanuk-Singaraja. Tak ayal dari depan pura pulaki saja anda sudah dapat melihat pura ini.

Pura Pabean di bangun di atas sebuah bukit kecil yang berada tepat di pinggiran pantai. Pura ini merupakan salah satu dari lima buah pura yang ada di kawasan Pura Pulaki, yang seluruhnya merupakan stana “Pesanakan Ida Batara Sami” yaitu pesanakan dari Ida Batara Pulaki, Ida Batara Melanting, Ida Batara Kertaning Jagat (di Desa Banyu Poh), Ida Batara Mutering Jagat (di Dusun Yeh Panes – Pemuteran), dan Ida Batara Pabean.

Dulunya pura ini digunakan sebagai tempat labuhnya kapal-kapal dagang dari luar bali yang membawa berbagai macam dagangan mereka yang akan di jual di bali. Tak ayal jika pura ini juga termasuk pura yang menjadi perkawinan antara berbagai budaya kultural seperti Hindu Bali, Cina (Siwa, Buddha, Tao, Kong Hu Tju) dan Islam. Itu terwujud dari beberapa bangunan yang ada di Pura Pabean ini.

Keunikan Pura Pabean

Kata Pabean menurut wikipedia indonesia :

Pabean adalah instansi (jawatan, kantor) yang mengawasi, memungut, dan mengurus bea masuk (impor) dan bea keluar (ekspor), baik melalui darat, laut, maupun melalui udara.[1] Di Indonesia,
-Wikipedia.org-

Jadi intinya sedikit sama dari penjelasan di wikipedia tersebut, bahwa Pura Pabean dulunya juga digunakan sebagai tempat berlabuhnya kapal-kapal dagang dari luar bali yang juga melakukan kegiatan dagang (expor – Impor) di bali.

Pada dasarnya, setiap pura di bali selalu memiliki 3 buah zona berbeda yakni jabe sisi, jabe tengah dan jeroan. Pada Pura ini, pada jabe sisi terdapat sebuah jalan setapak yang menanjak seperti mengelilingi pura ini. Dalam perjalanan anda menuju pura ini, anda sudah dapat melihat lautan luas di bawah pura.

Yang menjadi unik dari pura ini adalah pada candinya. Berbagai macam bentuk candi ada disini, struktur yang memukau dan indahnya bentuk-bentuk simetris menambah keeksotikan pura ini. Banguanan-bangunan sucinya juga nampak indah dengan seni pahatan yang unik dan menarik serta relief-reliafnya yang indah.

Terletak Di Pinggiran Pantai

Pemandangan Dari Bawah Pura Pabean
Pemandangan Dari Bawah Pura Pabean
Images By : http://www.putusri-garden.com/

Pura Pabean berada bersebelahan dengan pura pulaki, tepatnya bersebrangan jalan dengan pura pulaki. Pada bagian utama pura, terdapat sebuah tangga menurun menuju ke pantai bagian bawah. Di sebelah tangga terdapat ‘Balai Kulkul’ sebuah bangunan tinggi yang diatasnya terdapat kentungan besar sebagaialat komunikasi masa lalu.

Di awal memasuki tangga ini terdapat sebuah candi yang berbentuk melingkar dengan ukiran-ukiran yang indah. Tangga menurun ini tidak serta merta lurusa, namun terdapat kelokan. Di tangga ini banyak umat hindu atau wisatawan yang memanfaatkannya untuk berfoto bersama ataupun selfie.

Banguanan Suci Dari Batu Pura Pabean
Banguanan Suci Dari Batu Pura Pabean
Images By : http://farm4.static.flickr.com

Di bawah tangga terdapat pemandangan yang sangat indah, dari bawah anda dapat melihat hamparan laut lepas yang luas. Di pinggiran pantai juga terdapat batu-batu yang besar bertumpuk sembarang. Terdapat sebuah bangunan suci yang sangat unik, bangunan suci tersebut dibangun hanya dari batu yang ditumpuk membentuk sebuah bangunan suci pada mestinya. Batu yang digunakan juga adalah batu yang diambil dari tempat tersebut sehingga terihat sangat unik dan inofativ.

Dari pantai tersebut anda dapat melihat pura tebing yang diatasnya adalah pura pabean itu sendiri. Dari salah satu bagian tebing, terdapat bangunan membentuk gua yang di atasnya terdapat bangunan-bangunan suci. Menyisiri tebing tersebut, anda akan berakhir menuju ke jalan raya gilimanuk-singaraja.

Menuju Pura Pabean

Pura pabean termasuk pura yang mudah ditemukan, selain karena tempatnya yang berada di depan pura pulaki juga karena letaknya di pinggir jalan raya gilimanuk-singaraja. Dari jalan raya, anda sudah dapat melihat salah satu bangunan suci pura yang menjulang tinggi diatas bukit kecil. Untuk menuju ke Pura Pabean jika anda dari Pantai Lovina, anda akan menempuh jarak sekitar 50 Kiloameter dengan waktu tempuah lebih dari 1 jam.