Taman Ujung Karangasem

Taman Ujung Karangasem Wisata Indah Di Bali

Taman Ujung Karangasem – Taman Ujung Karang Asem atau yang juga dikenal dengan Taman Ujung Sukasada adalah Objek wisata di bali timur yang cukup populer di mata para wisatawan domestik maupun manca negara. Pada saat liburan, akan ada banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuk berekreasi bersama keluarga atau teman dekat mereka. Tempat ini lebih mirip seperti Taman Ayun Bali yang ada di daerah Mengwi.

Taman yang letaknya bisa dibilang di pengujung karangasem ini berlokasi di pinggir pantai. Selain sebagai tempat berekreasi, Taman Ujung Karang Asem ini juga dipilih sebagai tempat melaksanakan kegiatan pemotretan sebelum pernikahan atau yang lebih dikenal dengan Pre Wedding. Banyak photografer dan pasangan suami istri memilih lokasi ini sebagai tempat melaksanakan pre wedding mereka karena tempatnya memang sangat indah dan cocok untuk melakukan pemotretan. Kami pun juga merekomendasikan taman ujung ini sebagai kawasan wisata yang indah dan tentunya sangat cocok untuk melaksanakan kegiatan pre wedding.

Taman Ujung Karang Asem juga merupakan objek wisata yang bernilai sejarah tinggi, karena taman ini dibuat oleh raja karang asem ketika bali masih terpecah menjadi beberapa kerajaan. Berikut anda bisa membaca artikel lengkap kami tentang Sejarah Taman Ujung Karang Asem Bali.

Taman Ujung Karangasem
Areal Taman Ujung Karangasem Bali
Images By : www.rentalmobilbali.net

Yang Ada Di Taman Ujung Karangasem Bali

Kolam Di Taman Ujung Bali
Kolam Di Bagian Selatan Taman Ujung Karangasem Dan Bale Bengong
Images By : niluhputuayuchandrawati.blogspot.com

Taman ujung karangasem ini berlokasi di desa Tumbu, Karangaem – Bali. Pada jaman kerajaan dulu, tempat ini dibangun dengan tujuan sebagai tempat peristirahatan oleh para raja. Pada masa Hindia Belanda tempat ini dinamakan dengan WaterPaleis yang airtinya adalah “Istana Air”. Mengapa Pada masa Hindia Belanda tempat ini dinamakan Istana Air, karena memang sebagian tempat di Taman ini adalah Kolam Air yang indah.

Di taman ini terdapat 3 buah kolam besar, 1 kolam berada di bagian selatan dan 2 kolam lainnya berada di bagian utara. Pada kolam bagian selatan, terdapat bangunan di tengah-tengah kolam yang disebut dengan ‘Bale Bengong’. Bangunan ini tidak memiliki tembok, hanya ada tiang beton untuk menopang atap dari bangunan ini. Dahulu bangunan ini diperuntukan untuk menjamu tamu-tamu kehormatan di kerajaan karangasem.

Kolam Besar Di Taman Ujung
Kolam Bagian Utara Dengan Jembatan Dan Bangunan Di Tengahnya
Image By : www.rentalmobilbali.net

Kolam di bagian utara lebih besar diabandingkan kolam di bagian selatan. Di tengah kolam ini terdapat sebuah jembatan untuk menyebrangi kolam ini. Di ujung jembatan tepatnya di tengah kolam bagian utara terdapat sebuah bangunan yang dulunaya digunakan sebagai tempat peristirahatan para raja. Oleh masyarakat, bangunan ini disebut sebagai “Istana Gantung” karena memang bangunan ini terlihat seperti menggantung.

Tempat Pre Wedding Di Taman Ujung Karang Asem

Tempat Preweding Terbaik Di Taman Ujung
Salah Satu Contoh Foto Pre Wedding Yang Di Lakukan Di Taman Ujung
Images By : baliflowershop.com

Di areal Taman Ujung ini anda akan melihat sebuah bangunan tanpa atap dan tanpa tembok. Hanya berdiri pilar-pilar yang menjulang dan disetiap ujung pilar tersubung satu sama lain. Bangunan ini terletak agak tinggi, jadi untuk menggapainya anda harus menaiki beberapa anak tangga. Namun ketika anda telah berada di atas, keindahan Taman Ujung akan terlihat jelas dari sana.

Di bangunan pilar inilah kerap dijadikan sebagai latar tempat melakukan kegiatan Pre Weding. Anda bisa mengangkat tema seperti Kerajaan atau yang lainnya yang sejurus dengan bangunan ini. Bangunan ini sangatah unik dan indah, arsitektur yang menawan membuat anda tidak akan merasa percuma telah melakukan pre wedding di tempat ini.

Keindahan Arsitektur Taman Ujung

T
Keindahan Taman Ujung Jika Dilihat Dari Atas
Images By : wisata.kompasiana.com

Taman Ujung ini dibangun atas perintah raja karangasem pada tahun 1909. Arsitek yang membuat pada saat itu adalah seorang Belanda bernama van Den Hentz dan seorang Cina bernama Loto Ang. Selain itu Pembangunan ini juga melibatkan Undagi (Arsitek adat bali) sehingga arsitektur taman ujung adalah perpaduan arsitektur berbau eropa dan arsitektur adat bali.

Ciri khas yang menonjol dari arsitektur eropa adalah terdapat hiasan kaca berwarna-warni dan ini ditemukan di kamar peristirahatan raja yang menempel di dinding-dinding tembok bangunan itu. Hiasan tersebut lebih mirip dengan hiasan kaca warna-warni yang ada di gereja.

Arsitektur di taman ujung ini sudah tidak seperti baru pertama kali dibuat. Itu terjadi karena kerusakan yang diakibatkan oleh bencana alam. Kerusakan terparah terjadi pada tahun 1963 disaat Gunung Agung, gunung tertinggi di bali meletus dan menyebabkan kerusakan parah di taman ujung. Semenjak saat itu, taman ujung menjadi tidak terawat hingga pada tahun 2000 pemerintah dan puri karang asem memperbaiki tempat ini tanpa mengurangi keindahan tempat ini.

Dari taman ujung karangasem, anda dapat melihat pemandangan yang indah di sekitarnya. Di sebelah barat anda dapat melihat megahnya gunung agung yang menjulang tinggi. Di sebelah timur anda dapat melihat laut yang dulunya digunakan sebagai dermaga dimana kapal-kapal dari luar bali akan bersandar disini. Dan di sebelah utara anda dapat menyaksikan hamparan sawah yang luas dan menghijau.

Transportasi Menuju Taman Ujung Karangasem

Apa bila anda ambil rute perjalanan dari kota denpasar untuk penuju ke Taman Ujunga Karangasem, anda akan menempuh jarak sekitar 65 Kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam. Perjalanan ini akan melewati jalan Tol Prof.Ide Bagus Mantra dan melewati objek wisata Goa Gajah. Apa bila anda habis berlibur di bali utara khusunya di Pantai Lovina dan akan langsung ke Taman Ujung anda akan menempuh jarak sekitar 120 Kilometer dengan waktu tempuh sekitar kurang dari 3 jam.

Peta Lokasi Taman Ujung Karangasem