Tirta Gangga

Tirta Gangga Bali – Wisata Indah Keluarga

Tirta GanggaBali – Tirta Gangga adalah sebuah nama dari kawasan wisata di bali bagian timur. Tirta Gangga ini dulunya dibangun sebagai taman air tempat peristirahatan raja karangasem pada saat itu. Namun pada saat ini, tirta gangga telah menjadi Tempat Wisata Di Bali yang patut anda kunjungi.

Tirta gangga berlokasi di desa ababi, kecamatan Abang, kabupaten Bangli – Bali. Di kawasan tirta gangga ini merupakan kawasan yang sangat sejuk dan asri, karena terletak di bawah kaki gunung Agung gunung paling tinggi di bali. Kawasan Wisata Tirta Gangga Bali ini sangat banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing maupun wisatawan dometik yang ingin menikmati ketenangan dan melepas penat setelah mereka melakukan banyak aktifitas.

Selain Tirta Gangga, objek wisata lain yang didirikan oleh raja karangasem lainnya adalah Taman Ujung Karangasem yang memiliki tema sama dengan Tirta Gangga yakni taman wisata air.

Keindahan Tirta Gangga Bali

Tirta gangga
Kolam Ikan Di Kawasan Utama Dekat Pintu Gerbang Tirta Gangga
Images By : travel.kompas.com

Taman Tirta Gangga memiliki 3 buah aspek utama yang membangunnya yakni kebun, kolam air dan patung. Taman ini berada di antara areal persawahan yang luas dan mata air yang ada di kolam ini bersumber dari mata air Rejasa. Pada hakikatnya Taman Tirta Gangga ini masih dimiliki oleh kerajaan karangasem.

Memasuki kawasan tirta gangga, anda akan disambut dengan kolam ikan yang di dalamnya terdapat banyak patung prajurit yang mengenakan gada dengan posisi berderet. Disana anda dapat menjelajah ke dalam kolam dengan cara menginjak deretan petak berbentuk persegi enam. Di kolam ini biasanya menjadi tempat faforit latar belakang pembuatan foto pre wedding.

Menara Air Tirta Gangga
Jalan Setapak Di Dalam Kolam Ikan Dan Menara Air Di belakangnya
Images By : pixgood.com

Setelah melihat kolam ikan, anda akan disuguhkan dengan sebuah menara air yang terletak di tengah taman kecil. Taman ini berbentuk bundar dan dikelilingi oleh 10 patung yang bentuknya sama dengan patung yang ada di kolam ikan. Menara air ini tingginya sekitar 10 meter dengan bentuk yang sama seperti meru bertumpuk sebelas yang biasanya ada di pura-pura di bali. Di bagian ujung dari menara air ini mengeluarkan pancuran air yang akan tumpah menimpa setiap tumpukan yang ada dibawahnya.

Sumber mata air tirta gangga bersumber dari mata air yang muncul dari dalam tanah. Letaknya di bagian kanan dari pintu gerbang masuk tirta gangga yang daerahnya paling tinggi. Tepat disamping mata air ini terdapat pohon beringin besar yang tinggi bagaikan melindungi mata air tirta gangga. Oleh msyarakat sekitar, mata air ini disebut-sebut sebagai mata air suci yang kerap diambil sebagai sarana upacara umat hindu.

Kolam Renang Tirta Gangga Bali

Kolam renang tirta gangga
Keseruan Mandi Di Kolam Renang Tirta Gangga
Images By : http://diarygraciella.blogspot.com

Setelah mata air, tepat di bagian bawahnya terdapat 2 kolam yang salah satunya adalah kolam renang yang memiliki kejernihan tingkat tinggi. Kolam mata air ini sama seperti Kolam Air Sanih di bali utara yang sumber airnya juga dari bersumber dari mata air murni nan jernih.

Jembatan Kolam Ikan Tirta gangga
Jembatan Yang Ada Di Kolam Ikan Terluas Di Tirta Gangga
Images By : www.pawongan.com

Kolam renang tirta gangga masih memiliki arsitektur jaman kerajaan. Terbukti dari kolam ini yang terbuat dari batu padas. Kolam ini memiliki kedalaman yang berbeda-beda. dibagian barat kolam memiliki kedalaman yang cukup dangkal maka dari itu kolam dibagian ini banyak digunakan oleh anak-anak. Di bagian timur kolam memiliki kedalaman yang cukup dalam dan hanya digunakan oelh wisatawan yang telah dewasa. Kolam renang di tirta gangga sangatlah menyegarkan dengan airnya yang sangat jernih. Di sarankan untuk anda yang ingin berwisata ke Tirta Gangga sebaiknya membawa handuk dan pakaian ganti.
Satu lagi kolam lainnya adalah kolam ikan yang memiliki keberagaman ikan yang indah-indah. Kolam ikan ini merupakan kolam yang paling luas. Di salah satu sisinya terdapat sebuah jembatan yang di jaga oleh 4 patung naga di setiap sudutnya.

Akomodasi Di Tirta Gangga Bali

Akomodasi yang disediakan di kawasan tirta gangga adalah restorant yang terdapat di bagian paling atas atau tepatnya berada bersebelahan dengan sumber mata air. Selain itu terdapat penginapan berupa cottages yang tarifnya termasuk tarif lokal. Di luar kawasan tirta ganga terdapat banyak toko dan sovenir antik khas kabupaten karangasem.

Transportasi Menuju Tirta Gangga

Jika anda dari bandara internasional ngurah rai denpasar dan akan langsung menuju Tirta Gangga, anda akan menempuh jarak sekitar 75 Kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Namun apa bila anda dari pusat kota singaraja menuju ke tirta gangga akan menempuh jarak yang lebih panjang yakni sekitar 95 Kilometer dengan waktu tempuh kurang dari 3 jam.

Peta Lokasi Menuju Tirta Gangga