Patung Budha Tidur Di Bali

Vihara Dharma Giri – Patung Budha Tidur Di Bali

Patung Budha Tidur Di Bali- Vihara atau Wihara adalah tempat suci peribadahan bagi umat yang beragama budha. Umumnya masyarakat mengetahui Vihara dari banyaknya patung-patung budha yang dibangun di tempat suci tersebut.

Di Bali khususnya di kabupaten tabanan, terdapat wihara megah bernama Vihara Dharma Giri dimana terdapat Patung Budha Tidur Di Bali yang dibangun begitu besar dan megah. Vihara ini berlokasi di Jalan Raya Pupuan, Tabanan, Bali.

Belum banyak orang yang tahu tempat vihara ini, karena memang tujuan utama vihara ini dibangun adalah sebagai tempat peribadahan bagi umat budha. Namun bagi anda yang ingin datang hanya untuk sekadar melihat-lihat vihara ini masih diperbolehkan, asalkan anda dapat menjaga ketenangan karena vihara adalah sebuah tempat suci dan tempat umat budha melaksanakan semedi.

Patung Budha Tidur Bali
Patung Budha Tidur Di Bali Vihara Dharma Giri

Vihara Dharma Giri Tabanan

Selain sebagai tempat peribadahan umat budha, vihara ini juga dapat anda kunjungi sebagai alternatif wisata jika anda berwisata ke bali khususnya di kabupaten tabanan. Dari pinggir jalan raya pupuan sudah dapat terlihat dengan jelas tulisan besar bertuliskan “Wihara Dharma Giri” yang merupakan pintu masuk dari vihara itu sendiri.

Masuk kedalam vihara tidak dipungut biaya apapun, anda akan disapa oleh penjaga vihara yang nantinya akan memberikan sedikit arahan ketika anda memasuki area vihara tersebut. Dilarang menggunakan celana pendek untuk memasuki area vihara, dan sebaiknya anda sudah mengenakan celana panjang dari rumah. Namun bagaimana jika anda lupa mengenakan celana panjang? tenang saja, disana sudah disediakan kain (kamen) yang nantinya diikatkan di pinggang layaknya rok panjang sampai ke kaki.

Di beberapa tempat dalam vihara ini juga tidak diperkenankan untuk mengenakan sendal atau sepatu. Disana juga telah disediakan tempat khusus untuk meletakan sendal atau sepatu yang anda pakai dari rumah.

Suasana di vihara ini sangatlah sejuk dan damai, dan sangat cocok sebagai tempat bersemedi atau menjernihkan pikiran. Untuk itu para pengunjung yang datang, sangat tidak diperbolehkan untuk membuat keributan agar umat budha yang melakukan persembahyangan menjadi tidak terganggu.

Patung Budha Tidur Di Bali

Patung Budha Vihara Dharma Giri
Patung Budha Tidur Di Vihara Dharma Giri

Patung budha tidur di Baliiniterletak di samping kiri dari bangunan utama. Patung budha ini berukuran sangat besar dan megah berwarna putih cerah. Di hadapan patung ini terdapat area luas yang biasanya digunakan tempat duduk bagi umat budha. Di belakang patung ini terdapat hamparan hutan yang luas dan masih terjaga kealamiannya.

Patung Budha Tidur Di Bali inilah yang menjadi daya tarik utama para wisatawan berkunjung ke vihara ini. Anda akan dibuat cukup terkagum-kagum melihat patung budha berukuran sangat besar dan indah ini. Tak jarang para pengunjung mengabadikan moment tersebut dalam sebuah foto dari kamera yang telah mereka bawa. Anda tidak punya kamera? siapkan dari rumah atau gunakan kamera HP. 🙂

Di sebelah kiri dari bangunan utama, terdapat taman kecil nan asri dan terjaga kebersihannya. Juga terdapat balai kecil yang didalamnya terdapat lonceng berukuran besar dilengkapi dengan palu pemukul lonceng tersebut.

Bangunan utama adalah sebuah ruangan yang didalamnya terdapat patung budha berwarna kuning keemasan. Dalam ruangan ini biasanya digunakan sebagai tempat persembahyangan bagi umat budha.

Lokasi Vihara Dharma Giri

Vihara Dharma Giri ini berlokasi di Jalan Raya Pupuan Tabanan Bali.
Karena tempat ini merupakan kawasan suci, jadi diharapkan untuk para pengunjung yang datang tidak membuat keributan dan selalu menjaga ketenangan dan ketentraman. – Vihara Dharma Giri