Bunut Bolong Jembrana

Bunut Bolong – Wisata Unik Bali Beraura Magis

Bunut Bolong- Bali merupakkan tempat wisata yang paling diminati di Indonesia. Selain karena wisata alamnya yang indah, juga karena kunikan dan keberagaman budaya yang menawan yang membuat anda akan selalu betahtinggal di Bali. Selain iut, penduduknya yang mayoritas beragamakan Hindu Bali memiliki adat budaya yang terkenal sangat ramah dan menjunjung tinggi rasa toleransi dan solidaritas.

Dari salah satu objek wisataini misalnya, merupakan tempat yang sangat unik namun disakralkan oleh penduduk Bali. Inilah Bunut Bolong, sebuah pohon besar yang akarnya menyebar kemana-mana dan membentuk Gua yang indah dan menawan. Seperti halnya di Amerika Serikat yang tepatnya diShrine Drive Thrue Tree yang memiliki pohon-pohon besar yang sengaja di lubangi sebagai pemikat wisatawan untuk datang kesana.

Namun yang ada di Bali ini berbeda, pohon ini tidak sengaja dibentuk sedemikian rupa. Pohon ini tumbuh dengan sendirinya dan dikeramatkan oleh para penduduk setempat sebagai tempat suci yang dijaga secara skala maupun niskala. Aura magisnya sangat kental, diiringi rasa takjub yang begitu mendalam.

bunut boling
Bunut Boling Di Jembrana
Image By :http://bali.panduanwisata.id/

Bunut Bolong Di Jembrana

Bunut Bolong terletak di Desa Manggisari, Pekutatan, Kabupaten Jembrana. Bunut merupakan sebuah pohon yang bentuknya menyerupai pohon beringin. Tetapi bedanya, pohon bunut memiliki akar yang langsung menuju ke tanah dan berubah menjadi batang baru. Istilah Bolong di bali artinya Lubang. Jadi bisa ditebak apa itu Bunut Bolong yang ada di Bali.
Pohon Bunut ini sudah berusia ratusan tahun, dan uniknya akar-akar yang menjulang dari atas kebawah membentuk sebuah lubang besar seperti gua yang membelah pohon besar ini. Lubang ini kemudian dijadikan jalan beraspal yang kemudian bisa dilalui oleh kendaraan dengan leluasa. Sehingga pohon ini terlihat seperti mengangkangi jalan aspal dengan kedua kakinya.

Wisata Bunut Bolong

Di sekitaran areal Bunut Bolong, merupakan areal hutan tropis yang membentang dari utara ke selatan. Di bagian timur merupakan areal kebun cengkeh yang memang cocok hidup di daerah dataran tinggi. Sudah terbayang bagaimana suasana di areal sana. Suasana yang sangat sejuk, nyaman dan sangat asri. Jauh dari kurumunan suasana perkotaan yang bisa membuat pikiran anda menjadi stres.

Di bagian selatan, terdapat sebuah bangunan suci yang disebut pura Pujangga Sakti. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin melakukan semedi atau pendekatan rohani. Pura Pujangga Sakti ini didirikan sebagai pura dang khayangan yang diperuntukan untuk menghormati tokoh Dang Hyang Sidhi Mantra.

bunut bolong
Di Bagian Sisi Berbeda Dari Bunut Bolong
Image By :http://jawarapost.blogspot.com/

Salah satu cerita dalam masyarakat sekitar menerangkan bahwa, suatu ketika, penduduk desa Mangisari selalu terkena wabah yang membuat para penduduk jatuh sakit hingga meninggal. Kemudian sesuai perintah Dang Hyang Sidhi Mantra, letak desa Mangissari yang dulunya berada di sebelah utara Bunut Bolong, di pindahkan ke bagian selatan. Dan akhinya para penduduk tidak lagi terserang wabah seperti dahulu kala.

Pohon Bunut yang tumbuh secara alami ini terlihat sangat indah dan menarik. Terlihat keunikan yang menjadikan tempat ini sebagai objek wisata yang menyajikan poin plus diantara tempat wisata lainnya di Bali.Menyaksikan keunikan Bunut Bolongditambah suasana yang sangat asri dan menyejukkan tentunya memberikan ketenangan dan kedamaian dalam hati dan pikiran kita.

Menuju Bunut Bolong

Dari Denpasar berjarak sekitar 86 Kilometer, sedangkan dari lintas jalan raya Denpasar-Gilimanuk, masuk menuju utara sekitar 11 kilometer. Tempat wisata bunut bolong ini belum terdapat akomodasi yang memadai, terlihat dari belum adanya toilet, tempat parkir khusus wisatawan, penginapan dan yang lainya.
Mungkin kedepannya, pemerintah akan lebih memperhatikan Wisata Bunut Bolong Jembranaini, sehingga pemerataan akomodasi objek wisata di Bali menjadi lebih merata di setiap daerah.

Peta Bunut Bolong