Serunya Rafting Di Sungai Ayung Ubud Bali

Serunya Rafting Di Sungai Ayung Ubud Bali

Rafting Di Sungai Ayung – Aktifitas rafting merupakan sebuah aktifitas yang sangat seru, apa lagi dilakukan bersama dengan keluarga, kerabat atau teman dan sahabat-sahabat kita. Apabila anda memilih berlibur ke Bali, ada baiknya anda memasukkan aktifitas rafting ke dalam daftar wisata anda nantinya. Lalu dimana kita bisa rafting di Bali?

Tenang, di Bali sudah mulai berkembang aktifitas rafting, salah satunya adalah rafting di sungai ayung yang berlokasi di ubud, Bali. Meskipun airnya tidak sejernih rafting di sungai Telaga Waja, namun rintangan arung jeram disana mesti diperhitungkan. Nah mau tau bagaimana keseruan rafting di sungai ayung? yuk simak artikel ini

Serunya Rafting Di Sungai Ayung

Serunya Rafting Di Sungai Ayung Ubud Bali

Pertama-tama, anda harus sudah memastikan akan menggunakan jasa dari perusahaan rafting mana yang akan anda gunakan untuk bisa melakukan rafting di sungai ayung ini. Ada banyak sekali pilihan jasa yang dapat anda pilih tentunya dan juga sesuaikan dengan situasi dan keadaan anda. Karena harga disetiap jasa ini pastilah berbeda-beda, tapi mereka akan tetap menjamin keselamatan anda semua.

Nah, singkat cerita ketika anda sudah memilih mana yang anda anggap terbaik barulah petualangan dimulai. Pertama-tama, anda akan diberikan perlengkapan rafting pada umumnya, sepertihalnya pelampung, helm dan yaps, dayung. Kemudian anda harus melewati beberapa anak tangga untuk mencapai sungai. Beberapa bukan berarti sedikit ya, anda mungkin akan terkejut melihat tangga yang panjang dan berlika-liku ini. Namun pada akhirnya, semua akan terbayarkan ketika anda sampai di sungai ayung.

Sesampai disungai, anda jangan langsung nyemplung. Akan ada arahan dari pemandu rafting tentang hal-hal yang perlu dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. Artinya kalau mau seru-seruan itu ada batasannya, harus mentaati prosedur yang telah ditetapkan. Tetapi kalau cuma menyiram-nyiramkan air sungai ke kelompok atau perahu lain ya boleh saja ๐Ÿ˜€ .

Disana tentunya sudah ada banyak wisatawan yang juga ingin melakukan rafting di sungai ayung. Tak jarang anda akan melihat turis-turis mancanegara dan juga turis-turis lokal disana, dan jika anda beruntung disana anda akan bertemu turis gadis yang juga ikut melakukan rafting disana. Hmm … kesempatan nih untuk para cowok.

Arus air disungai ayung tidak begitu deras, selain itu airnya juga tidak begitu jernih. Tapi rintangan bebatuan disana akan memacu adrenalin anda untuk tetap bertahan dan menaklukkan sungai ayung ini. Untuk satu buah perahu karet, maksimal ditumpangi oleh 4 orang wisatawan dan 1 orang pemandu yang akan duduk di paling belakang perahu.

Yang Beda Dari Sungai Ayung Dengan Sungai Lainnya Untuk Rafting

Arusnya tidak terlalu deras? lalu apa yang menjadi daya tarik wisatawan untuk melakukan rafting di sungai ayung? Nah yang menjadi daya tarik turis untuk melakukan rafting disana selain karena rintangannya yang menantang, juga karena terdapat hal berbeda yang ada di pinggiran sungai ayung. Hal apakah itu?

Ternyata, di salah satu sisi sungai ayun terdapat ukiran-ukiran patung atau relief yang sangat disukai oleh para turis khususnya turis mancanegara. Setelah ditanya ke pemandu disana, ternyata ukiran-ukiran tersebut menceritakan kisah ramayana, kisah yang sudah terkenal di seluruh dunia.

Serunya Rafting Di Sungai Ayung Ubud Bali

Prihal siapa yang membuat ukiran tersebut, kata pemandu ternyata yang membuatnya adalah pemilik salah satu hotel yang ada disana. Ia adalah orang asli india yang menikah dengan orang asli bali, kemudian membangun hotel dan membuat relief di pinggiran sungai ayung. Relieh tersebut dikerjakan oleh 50 orang seniman profesional sehingga garapannya begitu apik dan indah.

Setelah lama melakukan rafting, sampailah anda di ujung finish dari arung jeram ini, dan kemudian kembali menaiki tangga yang mungkin bisa membuat anda lebih kurus lagi ๐Ÿ˜€ . Namun anda akan terpesona melihat ibu-ibu paruh baya yang dengan gagahnya membawa perlengkapan rafting menaiki tangga. Merekalah orang-orang hebat yang ada di balik keseruan rafting yang kita rasakan, hmm … sungguh hebat mereka.

Menuju Sungai Ayung

Sungai Ayung berlokasi di Desa Payangan Ubud Bali. Jika anda dari pantai kuta menuju ke sungai ayung. Anda akan menempuh jarak sekitar 35 Kilometer dengan lebih dari 1 jam perjalanan. Berikut saya telah menyisipkan peta lokasi menuju sungai ayung ubud bali.

Peta Menuju Sungai Ayung Bali