Desa Pemuteran Bali

Wisata Indah Dan Damai Di Desa Pemuteran Bali

Pemuteran Bali– DiBagianselatan pulau bali, terdapat sebuah Desa kecil di pinggir pantai. Semua orang menyebutnya dengan Desa Pemuteran. Desa ini dulunya adalah desa tandus yang para penduduknya hanyalah bermata pencaharian sebagai seorang nelayan. Di tahun 80-an, orang-orang desa pemuteran bali yang bekerja sebagai nelayan selalu mencari ikan dengan merusak terumbu karang. Mereka menggunakan BOM ikan untuk menangkap ikan secara masal tanpa peduli dengan lingkungan terumbu karang.

Adalah seorang tokoh masyarakat yang bernamaI Gusti Agung Prana yang mulai sadar betapa pentingnya lingkungan terumbu karang di desa pemuteran bali. Beliau mulai mengajarkan masyarakat betapa pentingnya lingkungan bagi manusia terutama lingkungan di bawah laut. Berkat kerja keras beliau, perlahan-lahan masyarakat mulai sadar dengan tindakan mereka yang salah dalam menangkap ikan.

Kemudian seiring dengan berjalannya waktu, Desa Pemuteran bali ini dikenal sebagai desa wisata yang sangat indah dan menawan. Hasil kerja keras yang tidak sia-sia dariI Gusti Agung Prana dalam memelihara lingkungan sekitar desanya.

Berwisata Di Desa Pemuteran Bali

Desa Pemuteran Bali
Image By : http://kanalwisata.com/

Berbeda halnya dengan objek wisata lainnya di Bali yang sangat riuh dengan kunjungan wisatawannya yang memadati kawasan wisata seperti di pantai kuta atau di GWK. Di desa Pemuteran, kawasan wisatanya sangatlah sepi, bukannya sepi dari wisatawan melainkan sepi dari riuhnya suasana perkotaan.

Saya sangat sarankan anda yang sudah bosan dengan suasana kota yang penuh sesak untuk sesekali berlibur ke Desa Pemuteran ini. Kenapa? karena disini, anda dapat melakukan banyak hal, menikmati pemandangan alam yang indah, bermain di pantai pemuteran dan melihat terumbu karang dan masih banyak lagi.

Pantai Pemuteran

Desa pemuteran terkenal dengan pantainya yang indah. Tapi tak seindah pantai kuta yang berpasih putih atau pantai dreamland yang menawan. Lalu apa yang membuat pantai ini berbeda dengan pantai lainnya? Tidak ada pembeda yang mencolok antara pantai pemuteran dengan pantai lainnya di bali. Bahkan karena lokasi pantai ini di bali utara, maka pasir di pantai ini berwarna hitam mengkilat. Ombak disana juga relatif kecil, mau berselancar layaknya di pantai kuta? ya jelas tidak bisa lah. 😀

Di Pantai Pemuteran, pemandangan alamnya yang sangat indah, bisa sedikit disamakan lah dengan pantai virgin yang ada di karangasem. Mungkin itu terjadi karena pantai ini lebih menjorok ke daratan layaknya teluk, sehingga berada di pantai pemuteran seperti dikelilingi oleh pepohonan-pepohonan. Selain indah, pantai ini juga sangat tenang dan damai. Seperti halnya kita berada sendirian di pantai ini.

Bisa dibayangkan bagaimana rasanya berada di pantai yang memiliki pemandangan indah, udaranya segar tanpa polusi ditambah suasana tenang yang pasti membuat anda merasa sangat nyaman dan tentram.

Suasana Yang Tenang Dan Nyaman

Di Desa Pemuteran, memang sangat terkenal dengan suasana desa yang tenang dan nyaman. Ini terbukti dari tidak adanya hotel-hotel megah berbintang yang ada di desa ini. Mengapa? itu karena di desa ini masih sangat kental dengan adat istiadatnya. Seorang inverstor yang ingin membuat sebuah penginapan disana harus mentaati sebuah aturan yang tak tertulis dalam hal pembangunan sebuah penginapan.

Mungkin itu alasannya agar di desa ini selalu terjaga ketentraman dan kenyamanan para pengunjungnya. Bukan hanya tidak ada hotel megah, bahkan bar, restoran dan tempat hiburan lainnya tidak akan anda temukan di desa ini alasannya sama, untuk menjaga ketenangan dan kenyamanan.

Di Desa ini, hanya ada beberapa tempat penginapan kecil beberbentuk pondok namun memiliki halaman yang luas. Kebanyakan orang-orang yang menginap disana adalah orang-orang dari manca negara. Ketika masuk ke penginapan ini, anda akan diberikan 2 buah pilihan yakni mau penginapan yang berTV atau tidak. Karena kebanyakn tamu mancanegara memilih penginapan yang tidak berTV, mereka memilih untuk membaca-baca buku untuk mengisi waktu luang mereka.

Tentunya melihat hal tersebut, bagi anda yang ingin berwisata sekaligus mencari tempat rekreasi yang nyaman dan tentram harus mengunjungi desa pemuteran ini.

Tempat Yang Cocok Untuk Bermeditasi

Bagi anda yang ingin melumpuhkan sejenak syaraf-syaraf dan otot-otot tubuh anda melalui meditasi, disinilah tempatnya. Di beberapa penginapan disana menyediakan fitur meditasi bagi para pengunjungnya. Kebanyakan mereka yang bermeditasi adalah kalangan lansia yang mungkin ingin melewati masa pensiunnya di tempat-tempat yang tenang.

Tapi tidak menutup kemungkinan untuk anda yang muda untuk dapat bermeditasi disini. Saya jamin dengan bermeditasi disini anda akan mendapatkan ketangan dan ketentraman yang mendalam.

Menengok Keindahan Bawah Laut Pantai Pemuteran

Desa Pemuteran Bali
Image By : http://www.thejakartapost.com/

Sebelumnya diatas, saya telah menceritakan kisah kelam tentang pantai Pemuteran Bali. Mereka yang mencari ikan selalu menggunakan BOM ikan yang akhirnya merusak terumbu karang di pantai tersebut. Namun di tahun 2000, didirikan sebuah komonitas karang letari oleh para penduduk setempat.

Komonitas ini mengajak para nelayan untuk tidak kembali merusak terumbu karang, dan harusnya menjaga terumbu karang tersebut. Komonitas ini kembali melakukan rehabilitas terumbu karang yang dirusak dengan teknik baru. Mereka menenggelamkan beberapa rumpon (rumah ikan buatan) dengan dialiri listrik bertegangan rendah ke dalam laut sedalam 7-12 meter. Listrik ini fungsinya untuk mempercepat pertumbuhan terumbu karang hingga 6X dari pertumbuhan biasanya. Selain rumpon, juga ditenggelamkan beberapa arca atau patung khas bali. Alhasil sampai saat ini, wisata bawah laut di desa pemuteran menjadi sangat populer.

Pencapaian terumbu karang disana sangat mengaggumkan, tercatat 80% dari jenis terumbu karang di indonesia ada di Pantai Pemuteran. Bentuknya pun sangat beragam, ada yang seperti jamur, seperti ilalang dan masih banyak lagi. Juga terdapat ikan-ikan kecil yang berenang dan bersembunyi di terumbu karang ini. Sungguh pemandangan yang sangat menakjubkan.

Menuju Desa Pemuteran Bali

Desa pemuteran berlokasi di kecamatan gerokgak, kabupaten buleleng. Cukup dekat dengan wisata pantai lovina dan pura pulaki. Jika anda dari Bandara Ngurah Rai Denpasar langsung menuju desa pemuteran, maka anda akan menempuh jarak sekitar 144 KM via bedugul. Dan mungkin membutuhkan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan.

Para pelancong lebih menikmati Desa Pemuteran Bali untuk mencari suasana ketenangan, kemudian mereka akan menginap di Pantai Lovina. Tapi jika memang turis itu menginginkan tempat yang benar-benar tenang secara penuh, maka ia akan memilih menginap di pondok desa pemuteran.

Peta Desa Pemuteran Bali