tari barong bali

Tari Barong Bali Yang Mendunia

Tari Barong– Bali memiliki banyak sekali karya seni yang mungkin semuanya telah mendunia. Salah satunya adalah seni tari yang memang gerakan seni tari di Bali sangat khas dan berbeda dengan seni tari lainnya di daerah-daerah di indonesia. Salah satu seni tari yang sudah sangat populer di kancah mancanegara adalah tari barong.

Tari barong merupakan tarian yang menggambarkan pertarungan antara kebenaran (dharma) melawan kebatilan (adharma). Dalam tarian ini, wujub kebenaran diwakilkan oleh barong, sesosok binatang yang memiliki kaki empat, berbulu dan berwujud menyeramkan dan bertaring. Sedangkan wujud kebatikan diwakilkan oleh rangda, sosok yang sangat menyeramkan dengan taring panjang dan jari-jari kuku yang panjang dan tajam.

Jenis-Jenis Tarian Barong Bali

tari barong bali

Tarian barong terdiri dari beberapa jenis seperti Barong ket, Barong Gajah, Barong Bangkal, Barong Asu, Barung Brutuk, dan juga barong-barongan. Namun dari sekian banyak jenis barong yang telah disebutkan diatas, jenis tari barong yang sering ditampilkan sebagai pertunjukkan adalah jenis barong ket atau Barong Ketket yang memiliki kostum dan tarian yang lengkap.

Kostum atau pakaian dari Barong menggambarkan perpaduan antara bentuk singa, harimau dan lembu atau sapi. Di badannya dihiasi oleh bulu-bulu khas serta ornamen-ornamen dari kulit. Pemain yang memerankan barong berjumlah 2 orang. 1 Orang dibelakang bertindak sebagai kaki belakang barong dan memainkan ekornya, dan yang didepannya bertindak sebagai kaki barong bagian depan sekaligus menggenggam tapel atau topeng dari barong itu sendiri.

Bentuk Barong Bali sekilas menyerupai Barongsai yang sering ditunjukkan di hari-hari raya besar cina seperti imlek. Namun bedanya terletak pada kostum dan alur cerita tarian barongnya. Barong bali lebih dominan menceritakan alur cerita Barong melawan Rangda. Dimana Barong adalah tokoh protagonis sedangkan Rangda adalah tokoh antagonisnya yang akhirnya akan dimenangkan oleh Barong.

Tarian Barong juga dampingi oleh beberapa tokoh pendukung lain seperti kera, Dewi Kunti, Sadewa, serta para pengikut Rangda yang bersifat antagonis.

Keistimewaan Tari Barong Bali

Tari Barong Bali memiliki keistimewaan tersendiri seperti kentalnya aura magis serta unsur-unsur mitologi yang begitu melekat. Ditambah dengan unsur-unsur komedi yang menambah keistimewaan tari barong bali ini. Unsur komedi sendiri disisipkan oleh tokoh-tokoh pendamping seperti sang kera yang menunjukkan gerakan-gerakan tertentu sehingga mengundang gelak tawa dari para penonton.

Unsur mitologis dari Tarian Barong berasal dari tradisi pra-Hindu yang menganggap barong sebagai simbul kebaikan yang sangat disakralkan. Hal itu pula juga menambah unsur magis dalam tarian barong ini. Selain itu kostum dari barong tidak diperlakukan semena-mena karena sudah ada upacara khusus untuk itu. Biasanya setelah pertunjukan barong akan diselingi dengan tarian keris, tarian ini terlihat agak ekstrim karena para penarinya menusuk-nusukkan keris ke tubuh mereka sendiri.

Tarian barong biasanya sering dipentaskan di beberapa sanggar seni di daerah batubulan. Anda dapat memilih paket wisata untuk dapat menonton tarian barong tersebut.