Pantai Kuta Lombok

10 Tempat Wisata Di Lombok Perlu Anda Kunjungi

Lombok merupakan sebuah pulau yang paling dominan dalam hal parawisata. Berlokasi di sebelah timau Pulau Bali, namun memiliki keindahan alam yang tak kalah menarik dengan di pulau dewata tersebut. Lombok bahkan sering kebanjiran pengunjung setiap harinya, mulai dari kunjungan pantai maupun pegunungannya yang menawan.

Lombok menjadi pilihan menarik bagi anda yang sudah terlalu sering menikmati keindahan pulau Bali. Berikut kami berikan beberapa tempat menarik yang ada di lombok sebagai alternative wisata menarik setelah anda berkunjung ke pulau Bali. Inilah 10 tempat wisata di lombok yang wajib anda kunjungi.

10 Tempat Wisata Di Lombok Perlu Anda Kunjungi

1. Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong

Pura Batu bolong merupakan sebauh pura yang kawasannya disakralkan, sama seperti halnya masjid untuk umat muslim atau gereja bagi umat kristiani. Namun uniknya, pura ini berdiri diatas karang hitam yang menjorok ke laut. Selain itu, pura ini juga memang berlokasi di lokasi yang baik untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam. Gunung ini berlatarbelakang Gunung Agung yang menjulang tinggi dan juga Selat Lombok yang menawan.

Dari sana anda dapat berfoto dan menikmati keindahan alam yang luar biasa. Karena anda memasuki kawasan Pura, jadi anda diwajibkan mengenakan pakaian adat ke pura yakni kamen. Kamen adalah kain yang di gulung di bagian pinggang ke bawah layaknya rok panjang. Pura Batu Bolong ini berlkasi di daerah Senggigi, Lombok. Pada dasar karang yang menopang pura, jika dilihat dari kejauhan terlihat sebuah lubang besar yang membelah karang. Untuk itulah pura ini disebut sebagai Pura Batu Bolong.

2. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Gunung RInjani merupakan sebuah gunung yang cukup disakralkan oleh beberapa penduduk setempat di lombok. Gunung ini dipercayai adalah tempat tinggal dari berbagai Dewa. Tempat ini memang sangat cocok untuk dipilih sebagai tempat tinggal para Dewa karena memiliki keindahan alam yang luar biasa. Memiliki ketinggian 3.700 meter, Gunung ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia.

Gunung Rinjani telah menjadi Ikon parawisata yang ada di lombok. Selain itu, Gunung RInjani juga merupakan surganya bagi para pendaki dan pecinta alam. Banyak pendaki dan pecinta alam yang sering berkunjung ke Gunung RInjani ini, karena memang memiliki keindahan alam yang tiada tara. Mendaki gunung Rinjani akan membutuhkan waktu beberapa hari untuk bisa sampai ke puncaknya. Jadi bagi anda yang ingin mendakinya, persiapkan diri dan bekal yang matang ya.

3. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile

Lombok juga memiliki wisata Air Terjun yang patut anda perhitungkan. Air Terjun Sendang GIle ini salah satunya, air terjun yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Namun tak sampai disitu, air terjun ini juga diyakini warga setempat memiliki kekuatan untuk dapat membuat awet muda. Wah bagi anda yang ingin awet muda, langsung saja datang ke air terjun sendang gile di lombok ini.

Air terjun yang berlokasi di Lombok Utara, juga merupakan wisata pertama yang akan anda temui jika ingin mendaki ke gunung rinjani. 60 KM dari Kota Mataran atau kurang lebih 3 Jam perjalanan maka anda akan sampai di air terjun ini. Namun sebelum dapat membasuh muka di air terjun nan segar ini, anda harus melewati rintangan yang tidak begitu sulit. Ada sekitar 200 anak tangga yang menanti anda sebelum sampai ke Air Terjun Sendang Gile.

4. Gili Trawangan

Gili Trawangan

Mungkin bagi anda sudah tidak asing lagi mendengar kata Gili Trawangan. Yaps, merupakan objek wisata alternative yang menjadi pilihan menarik jika anda datang ke Bali. Ada banyak jasa parawisata yang menawarkan Gili Trawangan sebagai objek wisata yang patut dikunjungi. Gili Trawangan sendiri merupakan pulau terbesar dari jejeran 3 gili yang ada.

Di pulau ini tidak ada yang namanya sepeda motor, sekalipun ada itu pastilah sangat jarang. Ke pulau ini, anda akan dapat melihat beberapa tempat penyewaan sepeda yang dapat anda gunakan berkeliling pulau. Namun wisata yang paling menarik di pulau ini adalah snorkeling dan menyelam. Melihat terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang hidup sejahtera di pesisir pantai Gili Trawangan.

5. Pantai Sire

Pantai Sire Lombok

Pantai sire menawarkan aktifitas wisata yang cukup menarik seperti berenang di pantai, snorkeling, bermain pasir dan masih banyak lagi. Pantai berpasih putih ini memiliki keindahan yang menakjubkan. Pantai yang berlokasi di Lombok Utara ini dapat anda tempuh dengan jarak 35 KM dari Kota Mataram. Dari Pantai Sire ini, anda juga bisa langsung melihat penampakan gunung rinjani yang sangat megah ini. Memiliki garis pantai seluas 4 KM, membuat anda tidak akan pernah bosan untuk berada di pantai ini.

6. Hutan Monyet Pusuk

Hutan Monyet Pusuk

Sama seperti namanya, Hutam Monyet Pusuk dihuni oleh segerombolan monyet liar. Anda yang berkunjung ke tempat ini harus cukup berhati-hati, apalagi ketika anda berkendara karena sering sekali ada monyet yang berkeliaran di tengah jalan. Hutan monyet pusuk berlokasi di gunung rinjani tepatnya di puncak Gunung Rinjani.

Hutan Monyet Pusuk merupakan wisata yang menarik untuk dikunjungi, wisata ini satu arah dengan wisata Air Terjun Sendang Gile dan juga Gunung Rinjani. Apa bila anda membawa beberapa makanan, anda bisa memberikannya kepada monyet-monyet tersebut. Namun biasanya jika anda memberi satu monyet, maka monyet lain akan muncul layaknya pengamen. Tapi berhati-hatilah untuk tidak coba melawan monyet, karena mereka bisa saja marah dan menyerang kita.

7. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok

Siapa bilang pantai kuta hanya ada di Bali, di Lombok juga ada kok. Pantai Kuta Lombok merupakan wisata pantai yang sangat indah bahkan dikatakan lebih indah dari pantai kuta bali. Mengapa? itu karena pantai kuta lombok masih sangat terjaga kealamiannya. Pantai kuta lombok tidak seramai pantai kuta bali, pantai kuta lombok masih jarang dikunjungi oleh wisatawan dan belum terlalu sering dijamah oleh gangguan manusia.

pantai Kuta Lombok ini berada 56 KM dari Kota Mataram, Lombok. Selain karena keindahan alamnya yang menawan, Pantai ini juga memiliki pasir yang putih dan juga halus. Bahkan penduduk setempat memanggil pantai ini dengan sebutan pantai merica, karena ukuran pasirnya yang amat kecil sekecil merica. Anda dapat melakukan berbagai hal di pantai ini, mulai dari berselancar, memancing, menyelam bahkan berkuda sekalipun. Ombak di pantai ini juga mengesankan dan merupakan salah satu terbaik di dunia.

8. Danau Segara Anak

Danau Segara anak

Biasanya jika anda memilih untuk datang ke Gunung Rinjani menggunakan jasa biro perjalanan, anda akan diajak untuk menginap semalam di Pinggir Danau Segara Anak ini. Danau ini merupakan salah satu objek wisata di lombok yang wajib untuk anda kunjungi karena memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Aktifitas utama yang dapat anda lakukan adalah memancing dan ikannya disini cukup besar-besar, jadi jangan lupa membawa pancing ya. Untuk dapat mencapai Lokasi ini, anda harus berjalan kaki selama 9 jam dari ujung jalan yang dapat dilalui oleh kendaraan. Jauh memang, tapi jika sudah sampai, perjalanan jauh anda akan terbayar setelah melihat pemandangan alam yang indah ini.

Masyarakat meyakini bahwa danau ini dulunya adalah lautan. Namun disuatu ketika, laut itu mengyusut dan sisa airnya membentuk sebuah danau yakni danau segara anak. Itulah mengapa warna air laut di danau ini menjadi biru layaknya air laut.

9. Taman Narmada

Taman Narmada

Merupakan sebuah taman bersejarah karena dibuat oleh Raja Mataram di tahun 1727. Dulunya taman ini digunakan para raja untuk tempat peristirahatan sekaligus tempat upacara persembahan. Namun sekarang, taman ini beralih fungsi menjadi tempat wisata yang menakjubkan. Berlokasi di Desa Lembuah atau sekitar 10KM dari Kota Mataram.

Percaya tidak percaya, taman Narmada ini merupakan replika kecil dari Gunung Rinjani, Taman seluar hampir 2 Hektar ini juga memiliki mata air dari gunung rinjani. Selain itu, mata air ini diyakini memiliki kekuatan dapat membuat awet muda jikalau anda menggunakannya untuk membasuh muka. Ingin awet muda? datang langsung ke lombok, ada banyak sumber mata air yang bisa membuat awet muda loh. 😀

10. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi

Pantai ini adalah pantai yang paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan, layaknya pantai kuta di bali, pantai ini juga memiliki banyak sekali restoran, hotel dan bar, sarana transportasi dan masih banyak lagi tersedia secara lengkap. Pantai ini berlokasi di bagian barat pulau Lombok, dan mempunyai garis pantai yang cukup luas.

Pantai senggigi memiliki ombak yang cukup tenang jadi anda dapat berenang dan bersnorkeling ria di pantai ini. Selain keindahan pantai yang luar biasa, air laut pantai ini juga sangat jernih jadi tak salah pantai ini merupakan pantai yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan.