Pendakian GUnung RInjani

Danau Segara Anak – Antara Mitos Dan Keindahannya

Danau Segara Anak– Sebuah danau selalu memberikan keindahan tersendiri jika dipandang dari sudut pandang manapun. Hamparan air yang begitu luas dengan ketenangannya membuat hati setiap orang yang melihat pasti akan merasa tenang. Selain itu juga, danau memiliki fungsi sebagai sebuah ekosistem yang menampung banyak sekali hewan air dan tumbuhan lainnya.

Di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Terdapat sebuah danau yang sangat terkenal dan berlokasi di Gunung Rinjani. Danau ini disebut sebagai Gunung Segara Anak. Danau Segara Anak menawarkan keindahan yang sangat luar biasa. Namun untuk mencapainya, anda harus melakukan pendakian gunung rinjani terlebih dahulu. Dalam proses pendakian ini, anda juga akan menikmati keindahan alam yang menakjubkan. Tak heran gunung ini sangat diminati oleh para pendaki dan wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Namun selain terkenal dengan keindahannya, Danau Segara Anak atau yang juga disebut dengan Danau Segara Anakan memiliki cerita-cerita mitos tersendiri. Seperti sebuah cerita lawas yang masih dipercayai oleh masyarakat sekitar yang ada di kepulauan Lombok. Masyarakat Hindu dan Suku sasak yang mendiami dearah gunung rinjani ini percaya akan mitos-mitos tersebut. Dan hingga saat ini, para penduduk pribumi masih selalu mengadakan ritual-ritual khusus di danau ini dengan tujuan-tujuan tertentu.

Danau Segara Anak – Antara Mitos Dan Keindahannya

Danau Segara Anak GUnung RInjani

Keindahan Danau Segara anak sudah tidak dapat diragukan lagi. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Danau ini hanya sekadar untuk berkemah atau sebagai tempat peristirahatan utama jika ingin menempuh perjalanan ke puncak gunung rinjani.

Selain menikmati keindahan danau yang luar biasa, anda juga dapat memancing ikan di danau ini. Di Sekitaran danau, anda akan dapat melihat beberapa sumber air panas dengan tingkat yang berbeda-beda. Menurut kepercayaan suku Sasak, air panas ini diyakini dapat menjadi obat untuk menyembuhkan segala macam bentuk penyakit. Anda para wisatawan juga dapat berendam di bak alami ini sepuas hati anda, atau anda memilih untuk hanya mencelupkan kaki anda setelah seharian menempuh perjalanan dari kaki gunung menuju Danau Segara Anak.

Yang unik dari gunung ini adalah adanya gunung baru yang muncul di tengah-tengah danau. Gunung ini diberi nama Gunung Baru Jari atau yang memiliki makna Gunung yang baru jadi. Gunun ini adalah anak gunung dari Gunung Rinjani yang telah meletus bertahun-tahun yang lalu. Meskipun gunung ini dianggap sebagai gunung yang baru, namun Gunung Baru Jari sempat mengalami letusan pada tahun 2015 tepatnya di akhir tahun yang lalu sehingga sempat membuat adanya larangan wisatawan untuk mendaki dan dilakukannya proses evakuasi bagi para pendaki yang masih berada di sekitaran gunung rinjani.

Mitos Tentang Danau Segara Anak

kemah di segara anak
Perkemahan Di Danau Segara Anak. Source : kotawisataindonesia.com

Dibalik keindahan dan kenyamanan di Danau Segara Anak, terdapat cerita mitos yang masih dipercaya oleh masyarakat sekitar namun yang tentu saja tidak begitu saja bisa dipercaya. Salah satu mitos yang paling terkenal adalah mitos yang mengatakan bahwa kawasan Danau Segara Anak merupakan kawasan yang dihuni oleh para Jin dan mahluk halus penghuni Gunung Rinjani.

Masyarakat suku sasak dan umat hindu disana sangat percaya pada hal itu, sehingga membuat mereka selalu melakukan ritual-ritual tertentu di Tanggal-tanggal yang tertentu pula dengan tujuan agar para Jin dan mahluk halus lainnya tidak menggangu masyarakat sekitar dan juga para penduduk disana. Selain itu juga sebagai wujud syukur untuk Gunung Rinjani karena telah memberikan keuntungan dan berkah yang melimpah bagi warga sekitar.

Salah satu upacara suci yang terkenal disana adalah upacara suci Wettu Telu. Yakni upacara yang digelar untuk menghormati Dewi Enjeni yang merupakan dewi yang dipercaya sebagai penunggu gunung rinjani. Selain itu ada juga tradisi Mulang Pakelematau tradiri meminta turun hujan pada dewi Anjani dengan cara memberikan sesaji, menyembelih hewan dan menenggelamkan replika ikan-ikan kecil yang terbuat dari emas ke dalam Danau. Jadi jika anda beruntung, anda akan dapat menyaksikan bagaimana ritual ini berlangsung. Sehingga selain anda berwisata alam, anda juga mendapatkan wisata religi di Danau Segara Anak ini.

Selain mitos tersebut, di Danau yang memiliki luas 1100 hektar ini juga menyimpan cerita-cerita mistis yang konon dialami oleh para wisatawan di malam hari. Cerita ini diceritakan oleh seorang porter yang memang sudah sangat sering naik turun gunung rinjani ini. Beliau mengatakan, danau segara anak ini memang benar-benar angker. Dikatakan sempat seorangwisatawan melihat kuda putih terbang melintas diatasnya, terkadang pula orang-orang yang memiliki ‘penglihatan’, menjumpai orang-orang yang sudah meninggal dan yang akan meninggal berjalan diatas danau Segara Anak ini. Selain itu pula terdapat cerita orang-orang yang ingin mencari pesugihan dan kekebalan diri dengan berbagai ritual di Danau tersebut. Cerita ini sering dituturkan oleh para porter menjelang malam tiba. Entah cerita ini benar atau tidak, akan tetapi cerita ini masih tetap ada sebagai bumbu penyedap para wisatawan yang datang ke Danau Segara Anak.

Dikawasan danau yang terbentuk dari hasil letusan Gunung Rinjani beberapa tahun yang lalu ini juga terdapat pohon tua yang dikeramatkan oleh para penduduk setempat. Konon diyakini bahwa bagi anda yang ingin keinginannya terkabul anda dapat melakukan ritual tertentu di Pohon ini. Salah satu caranya adalah dengan menggantungkan batu pada pohon ini dan kemudian anda mengucapkan apa saja keinginan anda. Namun setelah keinginan yang anda inginkan benar-benar tercapai, maka anda harus datang lagi dan dengan segera melepaskan gantungan batu yang telah anda pasangkan sebelumnya di pohon tersebut. Mau coba?

gua susu danau segara anak
Suasana Di Dalam Gua Susu. Source : msportsnews.com

Sekitar 1 kilometer dari Danau Segara Anak, terdapat sebuah gua yang juga dikeramatkan oleh warga setempat. Gua tersebut diberi nama gua susu karena konon air yang keluar dari stalaktit gua ini memiliki rasa seperti susu. Cerita yang terkenal disini adalah cerita pertapaan. Dimana bagi orang yang ingin mendapatkan ilmu-ilmu khusus, orang itu dapat melakukan pertapaan di Gua ini. Namun jika orang tersebut bertapa dengan tujuan yang jahat,maka seketika orang itu akan meninggal disana.

Kawasan Danau Segara Anak memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Air danau yang sangat tenang terkadang memantulkan bayangan dari gunung-gunung disekitarnya. Bermalam di danau ini merupakan pilihan yang sangat tepat bagi anda yang ingin menikmati wisata yang berbeda dari biasanya. Tentang mitor-mitos tersebut, anda bisa percaya ataupun tidak karena masih menjadi misteri. Tapi yang pasti, jika anda selalu mematuhi aturan dan tata tertib yang berlaku. Maka perjalanan yang anda lakukan akan semakin bermakna dan berkesan.