Pura Batu Bolong

Menikmati Keindahan Pura Batu Bolong Lombok Barat

Pura Batu Bolong– Lombok yang merupakan kawasan yang kaya akan keindahan alam juga memiliki keindahan dalam bidang religinya. Layaknya Bali, lombok didominani olehmasyarakat Hindu dan suku sasak. Meskipun suku sasak didominani oleh masyarakat islam, namun mereka belum meninggalkan adat istiadat mereka sebagai suku sasak yang tinggal di lombok.

Salah satu tradisi yang masih dianut oleh suku sasak adalah tradisiWettu Telu yang diperuntukan untuk menghormati Dewi Enjeni yang dipercaya sebagai penunggu Gunung Rinjani. Untuk masyarakat hindu di pulau lombok, mereka memiliki sebuah tempat ibadah yang lokasinya berada di dekat pantai Senggigi, Batu Layar, Lombok Barat.

Pura ini disebut dengan Pura Batu Bolong. Pura ini sekilas memiliki kemiripan dengan pura yang ada di tanah Lot, Bali yang sama-sama lokasi puranya berada diatas karang dan menjorok kelaut.. Mengapa disebut batu bolong, karena pura ini berdiri di atas karang hitam yang ditengahnya terdapat sebuah lubang.

Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong
Salah satu bagian dari Pura Batu Bolong. Source : pegipegi.com

Pura batung bolong di lombok memiliki desain bangunan suci yang relatif sama dengan bangunan suci di Bali. Ini membuktikan pengaruh hindu di Bali juga sampai ke Lombok bagian Barat bagi dari segi arsitektur bangunan maupun yang lainnya. Hal ini tak lepas dari sejarah berdirinya Pura Batu Bolong yang berkaitan erat dengan cerita Dang Hyang Dwijendra.

Dang Hyang Dwijendra melakukan perjalanan religi dari Jawa dan Bali berkat wahyu yang beliau terima. Beliau kemudian datang ke Bali dan membangun Pura-Pura yang sampai saat ini masih berdiri tegak. Salah satu pura yang identik dengan sejarah Dang Hyang Dwijendra adalah Pura Ponjok Batu Di Bali Utara.

Dikatakan Dang Hyang Niratha sempat menolong para nelayang yang hampir karam di dekat pura Ponjok Batu. Para nelayan tersebut ternyata beasal dari ponjok batu dan konon Dang Hyang Niratha ikut bersama para nelayan tersebut untuk bisa sampai ke tempat yang akan dijadikan Pura Batu Bolong di Lombok.

Bagi umat hindu sendiri, beribadah di Pura Batu Bolong memiliki keunikan tersendiri. Mengapa demikian? karena para umat hindu dapat merasakan ketenangan jiwa dengan berdoa sambil mendengar suara deburan ombak yang datang silih berganti menghantam karang.

Umat hindu di Lombok sangat menjaga kesucian Pura Batu Bolong ini, jadi untuk para wisatawan yang ingin masuk ke kawasan Pura diharuskan untuk menggunakankamen sebuah kain yang di gulungkan dari pinggang hingga ke kaki mirip sebuah rok.Kamen ini merupakan pakaian adat ke pura yang wajib digunakan oleh setiap orang yang masuk ke kawasan pura baik pria maupun wanita. Dan khusus untuk kaum wanita, sangat dilarang memasuki kawasan pura jika mengalami halangan (datang bulan) untuk menjaga kesucian pura.

Keindahan Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong
Hasil foto dari seorang fotographer. Source : lombokbulanmadu.com

Keindahan Pura batu Bolong sering disejajarkan dengan keindahan Pura Tanah Lot di Bali, Mungkin karena posisi pura yang sama-sama berada di pinggir pantai dan agak menjorok ke laut. Namun pendapat itu tidaklah kata-kata yang berlebihan. Pasalnya, pura yang memiliki dua bangunan utama ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Anda dapat secara langsung menyaksikan keindahan pantai sengigi dibarengi dengan deburan ombak yang memecah karang.

Hal yang menakjubkan lainnya adalah, anda dapat melihat secara langsung betapa megahnya Gunung Agung yang ada di Bali, itupun jika cuacanya cukup cerah. Ini karena puraBatu Bolong menghadap langsung ke selat lombok dan Gunung Agung, gunung yang disucikan di Bali. Pemandangan yang paling utama adalah ketika anda dapat menyaksikan kehikmatan umat hindu yang sedang beribadah di Pura ini. Banyak orang yang datang ke pura ini, bukan hanya umat hindu yang ingin beribadah melainkan para fotographer yang ingin menyaksikan secara langsung bagaimana matahari terbenam di pura ini.

Sunset di Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong
Kawasan Pura Batu Bolong. Source : pacarkecilku.com

Salah satu yang tidak boleh sama sekali anda lewatkan disini adalah suasana sunset yang dapat anda lihat secara langsung dari sini. Tepat di sore hari, menjelang matahari mulai menenggelamkan dirinya, warna langit akan mulai berubah menjadi orange kemerah-merahan. Para wisatawan akan mulai mengeluarkan senjata pamungkasnya untuk mengabadikan momen tersebut.Banyak fotographer-fotographer baik yang pro maupun yang amatiran datang ke Pura ini dan manantikan moment yang indah ini.

Menuju Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong
Canang di Pura Batu Bolong. Source : manacikapura.com

Lombok telah minjadi destinasi wisata yang sangat baik hingga saat ini. Oleh karena itu, akomodasi-akomdasi yang tersedia disana sudah mengalami perubahan yang signifikan. Pada tahun 80-an, kawasan ini (pantai sengigi) merupakan kawasan yang dipenuhi dengan pohon kelapa, jalanan yang sempit dan kurang terawat.

Namun saat ini, kawasan pantai sengigi menjadi sangat ramai dipenuhi dengan hotel-hotel, restorant dan penginapan yang siap melayani anda. Untuk menuju ke Pura Batu Bolong, anda hanya perlu menumpang ojek dari mataram dengan jarak tempuh hanya sekitar 12 Kilometer. Anda akan melewati jalan raya sengigi yang jalurnya dekat dengan pantai.

Peta Pura Batu Bolong