Pendakian GUnung RInjani

Pendakian Gunung Rinjani – Tips Dan Trick Mendaki Gunung Rinjani

Pendakian Gunung Rinjani– Gunung Rinjani merupakan ikon wisata yang terdapat di kepulauan Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini merupakan gunung tertinggi kedua di indonesia yang memiliki ketinggian mencapai 3.726 dpl.

Gunung dengan keindahan alam yang luar biasa ini merupakan gunung yang masih aktif dan tercatat pertama kali meletus pada tahun 1846. Banyak para pendaki ingin sekali mendaki ke Gunung Rinjani ini, baik para pendaki dari berbagai daerah di Indonesia maupun pendaki dari mancanegara.

Selain untuk menikmati keindahan alam dan berjuang untuk mencapai puncak, para pendaki juga dapat menikmati keindahan Danau Segara Anak yang mempesona. Suhu di puncak Gunung Rinjani termasuk cukup exstrame karena suhu terendahnya mencapai 12 drajat Celcius. Cukup untuk membuat tubuh anda menggigil kedinginan.

Tips Dan Trick Mendaki Gunung Rinjani

Pendakian GUnung RInjani

Bagi anda para anggota pecinta alam, pasti sudah biasa dengan istilah naik turun gunung. Lalu bagaimana jika anda adalah orang awam yang belum pernah merasakan bagaimana seru dan letihnya mendaki sebuah gunung dan itu merupakan gunung tertinggi kedua di indonesia? pastilah mendapatkan tantangan tersendiri bagi anda untuk dapat menaklukkan Gunung dengan tata kelola terbaik di Asia Tenggara ini.

Tidak hanya dibutuhkan niat yang kuat, tapi juga dibutuhkan semangat yang membara untuk dapat menaklukan Gunung Rinjani. Karena pendakian gunung rinjani akan cukup sulit ditambah dengan medan-medan yang cukup terjal dan miring. Ujian ini akan terbayarkan dengan panorama alam yang amat indah yang disuguhkan selama dalam pendakian gunung rinjani. Selain itu juga, anda akan merasakan kebanggaan super tinggi jika anda telah mencapai titik puncak Gunung yang merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia.

Tips Dan Trick Pendakian Gunung Rinjani

Persiapan Yang Matang

Semua hal yang kita rencanakan harus melalui persiapan dan perencanaan yang sangat matang. Baik dari segi perlengkapan, fisik maupun mental. Untuk persiapan pendakian gunung rinjani sendiri, secara umum anda harus mempersiapkan perbekalan dan membawa perlengkapan-perlengkapan yang hanya dibutuhkan untuk membangun kemah dan perjalanan. Jangan membawa perlengkapan yang tidak berguna yang hanya akan membebani anda saja.

Selain itu anda harus mempersiapkan dan memperhitungkan segala sesuatu yang mungkin akan terjadi, jadi siapkan juga perlengkapan obat-obatan yang memadai untuk setiap anggota kelompok anda. Juga rencanakan berapa waktu untuk pendakian anda. Umumnya untuk pendakian Rinjani membutuhkan waktu sekitar 4-6 hari untuk naik dan turun gunung. Jadi persiapkan bekal anda untuk waktu pendakian tersebut. Semakin cepat waktunya, maka akan semakin baik, itu juga sesuaikan dengan budget yang tersedia. Jadi intinya, perinci dengan detail perjalanan yang akan anda lakukan. Atau lebih baik mencari refrensi pendakian yang baik atau menanyakan langsung kepada teman anda yang sudah pernah mendaki ke Gunung Rinjani.

Gunakan Jasa Porter

jasa porter rinjani

Bagi para pendaki yang sudah sering naik turun gunung, pasti sudah sangat familiar dengan istilah jasa porter. Jasa Porter adalah jasa yang membantu para pendaki memudahkan pendakian mereka. Tugas dari jasa porter ini bermacam-macam sesuai dengan perjanjian. Salah satu yang utama adalah untuk membawakan barang bawaan dari para pendaki untuk mencapai tujuannya. Selain itu juga, tugas porter juga menyediakan hidangan untuk para pendaki. Secara singkat, tugas poster ini adalah melayani para pendaki selama proses pendakian. Anda hanya tinggal berjalan dan menikmati pemandangan alam dalam perjalanan saja.

Untuk anda yang memiliki budget lebih, ada baiknya untuk menyewa jasa porter ini. Namun sebagian orang memilih untuk lebih memperhitungkan budget yang mereka miliki. Namun itu semua adalah keputusan anda sebagai seorang pendaki. Anda harus tetap mengambil resiko untuk apa yang akan anda dapatkan nantinya.

Yang Indah Ada Di Musim Kemarau

Musim kemarau adalah musimnya para pendaki. Pada waktu ini, akan sangat baik bagi anda untuk melakukan pendakian ke gunung rinjani. Kurun waktu musim kemarau adalah dari bula Maret hingga Agustus.

Anda akan mendapatkan keindahan alam yangfull ketika datang mendaki di musim kemarau. Bagi anda yang suka mendaki beramai-ramai, agustus adalah bulan yang tepat untuk anda. Akan ada banyak pendaki yang merayakan Hut-RI pada 17 Agustus dengan menancapkan bendera merah putih di puncak Gunung Rinjani. Namun konsekuensinya adalah, anda akan kesulitan mencari jasa porter di bulan ini. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memboking lebih awal untuk mendapatkan service yang tepat.

Patuhi Etika, Tata Tertib dan Prosedur Pendakian Yang Telah Di Tetapkan

Bagi anda yang ingin mendaki Gunung Rinjani. Perlu diperhatikan baik-baik Etika dan Tata Tertib dalam pendakian. Karena ini bukan hanya menyangkut implementasi aturan saja, namun juga menyangkut kenyamanan dan keselamatan dalam pendakian gunung rinjani.

Untuk melihat Prosedur Pendakian Gunung Rinjani, anda dapat melihat langsung di website resmi Taman Nasional Gunung Rinjani di Link Berikut Ini.

Pilih Rute Yang Tepat Dan Direkomendasikan Banyak Orang

rute pendakian rinjani

Ada sekitar 4 Jalur resmi yang disediakan oleh pengelola Gunung Rinjani. Namun dari keempat itu ada 2 jalur yang populer dan direkomendasikan banyak orang. 2 Jalur tersebut adalah Sembalun dan Senaru.

Jalur Sembalun adalah jalur yang paling banyak dilalui oleh orang-orang. Jalur ini melalui pemandangan padang savana yang membentang luas namun juga berliku dengan jurang disebelah kanan dan kirinya. Karena melalui hamparan padang savana yang luas, anda akan diterpa oleh terik matahari yang menyengat.

Jalur Sembalun ini, dapat ditempuh dalam waktu 9 sampai 10 jam. Anda akan terpana melihat pemandangan alam yang luar biasa mulai dari luasnya hamparan hijau padang savana, melihat indahnya selat Alas dan Pulau sumbawa dari kejauhan, pemandangan hutam yang luas nan hijau dan masih banyak lagi.

Kemudian di Jalur Senaru merupakan jalur paling ramai diantara jalur-jalur pendakian lainnya. Mungkin alasannya adalah pendakiannya yang melalui banyak pemandangan yang eksotis. Selain dilalui oleh para wisatawan, jalur ini juga dipakai oleh masyarakat adat untuk menuju ke Danau Segara Anak untuk melakukan ritual mereka.

Jalur ini akan melalui hutan hujan tropis yang lebat dan melalui 3 Pos peristirahatan. Setelah sampai di Danau Segara anak, anda harus mengumpulkan tenaga exstra agar dapat menuju puncak tertinggi gunung rinjani.

Usai Menaklukkan Puncak Rinjani

puncak gunung rinjani

Setelah susah payah menuju puncak rinjani, akhirnya anda akan merasakan bagaimana rasanya tujuan anda tercapai dengan proses yang amat rumit dan panjang. Sampai dititik ini, anda tidak hanya dapat melihat-lihat pemandangan sekitar.Ada banyak destinasi wisata yang dapat anda temukan di Puncak Rinjani. Antara lain yang paling terkenal adalah Goa Susu Dan Goa Taman.

Di Goa Susu anda dapat berendam menikmati air hangat yang nyaman setelah seharian berjalan menuju gunung rinjani. Mengapa dikatakan Goa susu, karena dikatakan bahwa stalaktit yang meneteskan air ini memiliki rasa seperti Susu. Mau coba?

Di Goa Taman anda akan merasakan bagaimana petualangan yang sesungguhnya. Anda harus merayap untuk bisa sampai ke dalam Gua. Di Dalam gua anda akan banyak menemukan sesaji dan kain-kain putih bergelantungan karne ditempat ini juga para masyarakat sekitar melakukan upacara keagamaan.

Dan Yang Terakhir JAGALAH KEBERSIHAN!

Tips saya yang terakir dan paling utama adalah “Jagalah Kebersihan”. Rinjani bukan tempat yang layak untuknyampah. Rinjani adalah sekumpulan biota-biota yang berkumpul menjadi satu kesatuan hingga membentuk sebuah pemandangan yang amat indah dan sangat sayang untuk anda kotori.

Dimanapun dan kapanpun, anda tidak boleh membuang sampah sembarangan. Kelola sampahmu sendiri. Ada baiknya anda membawa kantung plastik khusus untuk menampuh sampah anda. Cukup sampah anda. Karena jika anda anda ini sadar, maka tidak akan ada orang yang membuang sampah sembarangan di Rinjani.

Itulah tips dan trick mendaki gunung rinjani versi saya. Jika anda ingin tidak repot-repot menyiapkan dan bertanya-tanya kesana kemari. Ada baiknya anda menggunakan paket pendakian murah yang banyak ditawarkan disana. Mereka akan mengurus semua keperluan yang anda butuhkan. Jadi simple aja. Nikmati dan rasakan kebersamaan dan keseruan anda bersama teman-teman dan jadikan momen ini sebagai momen yang paling berkesan dalam hidup anda.