pantai sekotong berpasir putih di lombok

Pantai Sekotong – Pantai Indah Di Lombok Barat

Pantai Sekotong – Kebanyakan wisatawan lebih memilih untuk berlibur ke tempat-tempat yang sepi dan nyaman ketimbang harus berlibur ke perkotaan yang memiliki keadaan penduduk yang padat dengan hiruk-pikuk kegiatannya. Jika anda salah satunya, maka lombok menjadi tempat yang mungkin harus anda kunjungi.

Di lombok tentu saja memiliki banyak sekali objek wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi, salah satu dari itu sebut saja Pantai Sekotong, pantai berpasir putih yang indah dan menenangkan. Meskipun pantai ini sangat indah, namun pantai ini tidak terlalu populer seperti pantai senggigi ataupun pantai nusa penida di Bali.

Namun hal itulah yang menjadi poin plus dari pantai ini, karena tentunya akan menjadikan pantai ini sangat asri tanpa ada kerumunan manusia-manusia di dalamnya. Di pantai ini anda dapat merasakan hembusan angin yang sepoi-sepoi nan asri serta menikmati keindahan pantai dengan hamparan pasir putihnya yang membentang luas.

Pantai Sekotong Lombok Yang Menawan

pantai sekotong berpasir putih di lombok
keindahan pasir putih pantai sekotong. source:lombokgilis.com

Daerah lombok sekotong memang banyak memiliki pantai-pantai yang indah, bahkan di beberapa spot pantai belum diberikan nama sehingga sulit untuk mencari informasinya di dunia maya. Pantai sekotong dikelilingi oleh perbukitan-perbukitan yang menambah keeksotikan pantai. Pantai ini masih sangat asli karena belum terlalu terjamah oleh banyak orang yang tentunya membuat pantai ini terbebas akan polusi yang dibuat oleh manusia itu sendiri.

Susana pantai yang tidak terlalu ramai akan membuat anda menjadi sangat betah di pantai ini. Anda bisa berjalan-jalan santai di pinggiran pantai sambil menikmati halusnya pasir putih yang ada disana, bermain-main dengan keluarga ataupun pasangan anda.

Menikmati Sunrise di Pantai Sekotong Lombok

Sunrise atau matahari terbit dapat anda saksikan secara lansung di pantai sekotong lombok. Pancaran sinar matahari pagi akan terlihat sangat indah dengan warna kuning – orange yang di pancarkannya. Areal perbukitan di depannya akan terlihat sangat jelas seperti bayangan hitam deratan pegunungan yang sangat indah. Bagi anda yang hobi berfoto, kesempatan seperti ini adalah yang paling berharga untuk anda. Dengan background yang indah ini maka foto anda akan lebih hits dan kekinian.

Suasana yang asri dan nyaman, ditambah udara pagi yang amat sejuk disertai dengan pemandangan alam berupa sunrise yang indah akan membuat anda terlena dengan pantai ini. Siapa coba yang tidak luluh dengan suasana seperti itu? apalagi ditemani oleh sanak keluarga ataupun pasangan anda yang amat anda cintai pasti akan menjadi moment yang paling bermakna untuk anda semua.

Bawah Pantai Sekotong Laut yang Tak Kalah Menawan

Sungguh sempurna tuhan menciptakan segala sesuatu di dunia ini. Bukan hanya nampak indah di darat, sekoton juga memiliki keindahan di bawah lautnya. Karena pantai ini tidak terlalu dijamah oleh orang-orang menjadikan terumbu karang di pantai ini tumbuh menjadi kekayaan biota laut yang indah. Dengan peralatan menyelam yang lengkap anda bisa melakukan diving untuk dapat bertemu dengan keindahan alam bawah laut sekotong.

Bagi anda yang tidak terlalu mahir melakukan diving, anda bisa juga melakukan snorkeling dan dapat melihat terumbu karang dangkal di pantai ini, cukup sediakan uang 50 ribu rupiah anda dapat menyewa perlengkapan snorkeling seharian. Biota laut di pantai ini dijaga oleh Direktorat Jendral Perikanan Budidaya, Departemen Kelautan dan Perikanan. Adapun beberapa biota laut yang dibudidayakan antara lain Ikan kerapu, lobster, teripang kerang abalone dan yang lainnya.

Mendaki Bukit Di Sekitaran Pantai

sunrise di pantai sekotong
menikmati sunrise di sekotong. source:jalan2men.com

Selain berjalan-jalan di pesisir pantai, hal seru yang juga dapat dilakukan di pantai ini adalah mendaki bukit-bukit di sekitaran pantai. Banyak wisatawan yang memilih untuk mendaki bukit untuk dapat melihat pemandangan yang lebih eksotik dari atas ketinggian. Dari puncak perbukitan, para wisatawan akan dapat menyaksikan pemandangan indah pantai sekotong secara full view. Dari atas sana anda juga dapat menyaksikan gunung agung di Bali yang sangat megah.

Selain itu anda juga dapat melihat beberapa pulau (gili) yang ada di sekitaran pantai dari puncak perbukitan disana.

Perpetualang ke Pulau-Pulau Dekat Sekotong (Island-hopping)

Dari pantai sekotong anda dapat menyebrang ke pulau-pulau yang ada disana. Pulau di lombok sering juga disebut ‘gili’, salah satu gili yang terkenal sudah pasti ‘gili trawangan’. Namun dari pantai sekotong ini anda dapat melintas antar gili hanya dengan waktu singkat karena memang lokasinya yang berdekatan. Pulau-pulau yang ada yakniGili Genting, Gili Gede,Gili Lontar, Gili Bedis, Gili Nanggu,Gili Sudak, Gili Tangkong, Gili Amben, Gili Berairan, Gili Layar,Gili Asahan, Gili Goleng,Gili Rengit, Gili Anyaran, dan Gili Poh.

Biasanya dalam sekali perjalanan anda akan diajak ke 3 pulau sekaligus misalnya ke gili nangu, gili kedis, dan gili sudak hanya dalam waktu 4-6 jam. Minta saja staf penginapan untuk mengatur trip anda ke pulau-pulau yang anda inginkan. Penginapan yang cukup lengkap memberikan akomodasi perjalanan anda adalahCocotinos Hotel Sekotong Lombokatau jika ingin lebih hemat bisa menginap diSilver Fern Beach Retreatyang memberikan penawaran harga yang lebih terjangkau.

Lokasi Menuju Pantai Sekotong

Sekotong merupakan salah satu dari 15 kecamatan yang ada di kabupaten Lombok Barat. Pantai ini cukup mudah untuk di jangkau, jika dari mataram anda hanya perlu berkendara sejauh 60 Kilometer atau kurang lebih 2 jam perjalanan untuk bisa sampai ke pantai ini. Atau anda juga bisa menggunakan angkutan umum yang akan langsung menuju ke pantai Sekotong.

Peta Lokasi Sekotong